SIPAMANDAQ DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MASYARAKAT MANDAR PERANTAUAN DI YOGYAKARTA

MUS’AD, NIM. 15490067 (2019) SIPAMANDAQ DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MASYARAKAT MANDAR PERANTAUAN DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SIPAMANDAQ DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MASYARAKAT MANDAR PERANTAUAN DI YOGYAKARTA)
15490067_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (SIPAMANDAQ DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MASYARAKAT MANDAR PERANTAUAN DI YOGYAKARTA)
15490067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berawal dari adanya keinginan untuk mengetahui pembumian nilai-nilai Sipamandaq (Solidaritas/kohesi sosial) yang melatar belakangi serta menjadi landasan perilaku masyarakat Mandar Perantauan yang ada di Yogyakarta termasuk kaitannya dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Peneliti ingin menjabarkan lebih dalam beserta pemaknaan kata dan penerapannya dalam kehidupan orang-orang Mandar masa kini dari aspek historisnya maupun praktisnya. Hal tersebut muncul dikarenakan minimnya literatur yang hingga kini telah dituliskan baik yang bersinggungang langsung mengenai konsep Sipamandaq maupun kaitannya dengan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Masyarakat Mandar serta nilai Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik serta menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisis dan mengolah data di lapangan mulai dari melakukan transcript, coding, grouping, comparing & contrasting, menarasikan setiap tema, memasukkan literature reviews dan teori yang digunakan. Subjek penelitian ini terdapat 11 informan yang dipilih melalui tekhnik purposive sampling kemudian menemukan kesimpulan bahwa Sipamandaq dalam ranah aplikatifnya masih berlaku nilai-nilainya hingga saat ini serta menjadi faktor terjadinya kemudahan dalam proses pendidikan dalam kehidupan orang-orang Mandar perantauan khususnya di Yogyakarta Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sipamandaq dan Nilai-Nilai Pendidikan Masyarakat Mandar Perantauan di Yogyakarta memiliki relevansi yang cukup penting terhadap nilai Pendidikan Islam. Bahkan konsep Sipamandaq yang awalnya hanya dipahami dalam artian yang sangat sempit (relasi konflik) telah merambah dalam berbagai macam proses hidup dan Nilai-nilai pendidikan masyarakat Mandar di Yogyakarta. Terhadap nilai pendidikan Islam pun demikian, mengingat Islam sangat kental nilai-nilai persatuannya dengan konsep Ukuwah al-Islamiyah dan budaya tolong menolong. Konsep Sipamandaq ini secara langsung menunjang proses pendidikan yang dialami oleh para perantau khususnya suku Mandar yang ada di Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Sipamandaq, Nilai-Nilai Pendidikan, Suku Mandar Perantauan.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 09:42
Last Modified: 27 Jan 2020 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37750

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum