KEMAMPUAN SANTRI BARU DALAM BERADAPTASI (Studi Analisis Terhadap Santri Baru di Pondok Pesantren Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus)

Laili Nur Aini, NIM. 17204080003 (2019) KEMAMPUAN SANTRI BARU DALAM BERADAPTASI (Studi Analisis Terhadap Santri Baru di Pondok Pesantren Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN SANTRI BARU DALAM BERADAPTASI (Studi Analisis Terhadap Santri Baru di Pondok Pesantren Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus))
17204080003_LAILI NUR AINI_HALAMAN JUDUL-BAB I & BAB IV-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN SANTRI BARU DALAM BERADAPTASI (Studi Analisis Terhadap Santri Baru di Pondok Pesantren Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus))
17204080003_LAILI NUR AINI_BAB II - SEBELUM BAB TERAKHIR (BAB II - BAB III).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan anak dalam beradaptasi di Pondok Pesantren Yanaabii‟ul Qu‟an Karangmalang Gebog Kudus sebagai upaya sadar yang dirancang untuk membantu individu dalam mengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian dalam beradaptasi di Pondok Pesantren. Ada beberapa kemampuan anak yang berdaptasinya cepat ada pula yang beradaptasinya lama sesuai dengan kepribadian anak masing-masing. Permasalahan yang di alami oleh santri adalah anak yang masih sering menangis, pendiam, tidak mau bergaul, suka menyendiri dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan tentang studi kemampuan anak dalam beradaptasi di Pondok Pesantren Yanaabii‟ul Qur‟an Karangmalang Gebog Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk memahami fenomena utama dalam kemampuan anak dalam beradaptasi di Pondok Pesantren Yanaabii‟ul Qur‟an Karangmalang Gebog Kudus. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui 1) observasi 2) wawancara, 3) dokumentasi. Hasil temuan yang dapat dipaparkan yakni, 1) kemampuan anak dalam beradaptasi di Pondok Pesantren Yanaabii‟ul Qur‟an Karangmalang Gebog Kudus. Disini ada beberapa anak yang mampu beradaptasi melalui indikator: a) kematangan emosional, b) kematangan intelektual, c) kematangan sosial dan d) tanggung jawab. Sedangkan anak yang kurang mampu beradaptasi dengan baik melalui indikator: a) reaksi bertahan, b) reaksi menyerang, dan c) melarikan diri. 2) bentuk-bentuk beradaptasi di Pondok Pesantren Yanaabii‟ul Qur‟an Karangmalang Gebog Kudus dengan dua aspek yaitu adaptive yang melalui indikator: a) perubahan fisiknya, b) perubahan perilaku sosial, dan c) daya tarik sosial, sedangkan aspek yang kedua yaitu adjustive melalui indikator: a) intensi, b) nilai, dan c) empati. 3) faktor-faktor dalam beradaptasi di Pondok Pesantren Yanaabii‟ul Qur‟an Karangmalang Gebog Kudus meliputi delapan faktor yaitu: a) faktor keluarga atau orang tua, b) faktor teman, c) faktor pembimbing atau murobbi, d) faktor fisiologis, e) faktor psikologi, f) faktor perkembangan dan kematangan, g) faktor budaya dan agama dan h) faktor lingkungan. Kata kunci : Adaptasi, Santri, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragutam, M.A,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Adaptasi, Santri, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 09:19
Last Modified: 04 Jun 2020 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum