ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

SYAMSUR RIZAL, NIM: 17204080005 (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
17204080005_PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
17204080005_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Kesulitan peserta didik dalam belajar matematika ditandai dengan kesulitan peserta didik saat mengerjakan soal cerita, sering melakukan kesalahan saat menghitung, serta rendahnya nilai ulangan harian pada mata pelajaran matematika yang diperoleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika yang dialami oleh peserta didik kelas IV di MI Darul Huda Ngalik, faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam belajar matematika, serta upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan peserta didik dalam belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara langsung di tempat penelitian. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan analisis deskriptif dengan mendeskripsikan kesulitan belajar matematika yang dialami peserta didik kelas IV di MI Darul Huda Ngaglik Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian adalah: 1) Kesulitan peserta didik dalam memahami konsep matematika paling banyak terletak pada kesulitan dalam memahami konsep keliling dan luas bangun datar persegi panjang, ketrampilan berhitung pada operasi pembagian, serta pemecahkan masalah pada konsep luas dan keliling bangun datar persegi panjang. 2) Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar peserta didik adalah: faktor internal dan faktor eksternal. 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika kelas IV di MI Darul Huda Ngaglik adalah: pengajaran individual, tutor sebaya, penjelasan materi pembelajaran matematika secara perlahan, penggunaan ringkasan materi yang dilengkapi latihan soal, dan penggunaan trik berhitung. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Matematika.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 09:19
Last Modified: 04 Jun 2020 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum