PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV SLB NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA

Khairunnisa, NIM: 17204080006 (2019) PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV SLB NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV SLB NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA)
17204080006_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA ANAK TUNARUNGU DI KELAS IV SLB NEGERI 2 BANTUL YOGYAKARTA)
17204080006_BAB II_BAB III_BAB IV_Khairunnisa.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pendekatan komunikatif adalah pendekatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang sangat efektif untuk mengembangkan kompetensi kebahasaan, serta keterampilan berbahasa seperti membaca, menulis, menyimak dan berbicara anak tunarungu. Fokus penelitian ini ada tiga, yakni Pertama untuk mengetahui alasan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Kedua untuk mengetahui implementasi pendekatan komunikatif perlu di gunakan dalam pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Ketiga untuk mengetahui respon pesrta didik dalam pendekatan komuniatif pembelajaran membaca anak tunarungu di kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) pada metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitiannya yaitu peserta didik kelas IV SLB Negeri 2 Bantul. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data kualitatif dengan cara mereduksi data, selanjutnya menyajikan data dan menyimpulkan. Pada penelitian ini ada tiga teori yang di gunakan, yakni pada komunikatif menggunakan teori yang dikemukakan Noam Chomsky, sedangkan dalam membaca menggunakan teori yang dikemukakan Finochiaro dan Bonomo, dan untuk mendukung data teori perkembangan anak Jean Piaget. Hasil penelitian yang dilakukan yakni: Pertama, pendekatan komunikatif mampu menggali potensi anak dalam kosakata anak tunarungu untuk berkomunikasi dan membaca. Kedua, pembelajaran komunikatif dalam ix pembelajaran membaca sangat efektif memberikan dampak positif bagi kemampuan berbahasa dan membaca anak tunarungu. Ketiga, siswa mampu bersuara dalam membaca meskipun dengan nada kurang jelas atau intonasi kata yang sedikit tidak sesuai dengan pengucapan seharusnya. Kata kunci: Anak Tunarungu, Komunikatif, dan Membaca.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Anak Tunarungu, Komunikatif, dan Membaca.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 09:22
Last Modified: 04 Jun 2020 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum