ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SAINS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (MIS Al - Huda Karangnongko dan SD Budi Mulia Dua Pandeansari)

Enda Lovita Pandiangan, NIM: 17204080010 (2019) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SAINS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (MIS Al - Huda Karangnongko dan SD Budi Mulia Dua Pandeansari). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SAINS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (MIS Al - Huda Karangnongko dan SD Budi Mulia Dua Pandeansari))
17204080010_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS SAINS SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK (MIS Al - Huda Karangnongko dan SD Budi Mulia Dua Pandeansari))
17204080010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR_.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pentingnya keterampilan menulis sains sebagai salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa menjadi dasar untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis keterampilan menulis sains siswa kelas V di MIS Al-Huda Karangnongko dan di SD Budi Mulia Dua Pandeansari baik ditinjau dari tahapan pelaksanaan menulis, aspek linguistik, serta aspek isi atau konten tulisan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian field research berbentuk deskriptif analisis kegiatan. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data melalui wawancara secara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian data akan diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan yang dilakukan pada setiap tahapan menulis sains siswa kelas V SD/MI yaitu: Pada tahap pramenulis, siswa melakukan kegiatan bimbingan pramenulis, penyadaran menulis, dan melengkapi data. Sedangkan kegiatan membuat peta konsep dan membuat daftar pertanyaan belum terlaksana. Pada tahap penulisan, siswa sudah dapat menulis sesuai dengan struktur tulisan yang terdiri atas bagian awal dan isi sedangkan bagian akhir tulisan yang berisi kesimpulan masih belum maksimal. Pada tahap pascamenulis, kegiatan revisi dan pengeditan sudah terlaksana dan dilakukan oleh guru serta siswa sedangkan kegiatan publikasi masih belum maksimal. (2) Keterampilan menulis sains siswa kelas V SD/MI ditinjau dari aspek linguistik memiliki kekurangan pada: Penggunaan tanda baca dan huruf kapital, penggunaan konjungsi, kata depan, dan imbuhan yang kurang tepat, penggunaan kata baku dan tidak baku, belum dapat membedakan paragraf utama dan paragraf penjelas, menggunakan kata yang memiliki arti yang sama dalam satu kalimat, struktur kalimat yang tidak lengkap, percampuran bahasa lisan yang sering digunakan siswa ke dalam bahasa tulisan. (3) Keterampilan menulis sains siswa kelas V SD/MI ditinjau dari aspek isi/konten memiliki kekurangan pada: a) Lemahnya kemampuan siswa untuk menganalisis dan menginterpretasikan data dari hasil pengamatan ke dalam bentuk tabel, grafik, dan sebagainya. Siswa lebih terampil menyajikan data di lapangan dalam bentuk gambar sederhana, b) Siswa kelas V SD/MI masih kesulitan dalam mengkaitkan konsep dengan praktik yang dilakukan di lapangan, c) Istilah – istilah ilmiah yang masih minim sekali digunakan dalam tulisan siswa, d) Siswa kelas V SD/MI belum dapat merefleksikan dan menyampaikan pemikiran mereka dalam tulisannya. Kata Kunci: Keterampilan, Menulis Sains

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Keterampilan, Menulis Sains
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jun 2020 10:13
Last Modified: 04 Jun 2020 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37762

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum