PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH DI INDONESIA (Analisis Tujuan dan Materi Ajar Kurikulum 2004, 2006, 2013)

Muhamad Sobri, NIM: 17204080014 (2019) PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH DI INDONESIA (Analisis Tujuan dan Materi Ajar Kurikulum 2004, 2006, 2013). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH DI INDONESIA (Analisis Tujuan dan Materi Ajar Kurikulum 2004, 2006, 2013))
17204080014_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH DI INDONESIA (Analisis Tujuan dan Materi Ajar Kurikulum 2004, 2006, 2013))
17204080014_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi: Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang diberikan oleh Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah selama ini hanya menekankan pada ranah kognitif semata. Kondisi inilah yang membuat pendidikan di Indonesia hanya mencetak generasi akademisi yang pandai dalam pengetahuan, namun tidak mempunyai karakter sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila yang mengakibatkan kurikulum pendidikan nasional telah mengalami beberapa kali pengembangan, yaitu pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, dan 2013. Maka pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana karakteristik perkembangan kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia tahun 2004, 2006, 2013 serta tujuan dan muatan materi ajar kurikulum IPS Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia tahun 2004, 2006, 2013. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap secara teoritis karakteristik perkembangan kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia tahun 2004, 2006, 2013 serta tujuan dan muatan materi ajar kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia tahun 2004, 2006, 2013. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat penelitian kepustakaaan (library research) dengan pendekatan sejarah. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan telaah literatur. Adapun teknik analisis data peneliti menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tujuan kurikulum pembelajaran IPS dari tahun 2004 - 2013 memiliki esensi yang sama, yaitu untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat. Kedua, kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial dari segi materi ajar baik dari aspek Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi mengalami perkembangan. Adanya pokok bahasan yang selalu sama, adanya pokok bahasan yang baru, adanya perubahan dalam penyusunan pokok bahasan, adanya perbedaan istilah dan penekanan pada tiap aspek merupakan pengaruh dari perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan, serta faktor perubahan kebutuhan peserta didik juga ikut mempengaruhi perkembangan kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah di Indonesia .Ketiga, komponen tujuan maupun materi ajar, pembelajaran IPS pada kurikulum 2004 hanya memenuhi aspek kognitif dan afektif sedangkan pada kurikulum 2006 sebagian memenuhi aspek afektif dan kognitif dan sebagian lagi memenuhi aspek psikomotorik. Pada kurikulum 2013 aspek afektif, kognitif dan psikomotorik semuanya terpenuhi dalam satu rangakain tujuan dan materi ajar pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Kata Kunci: Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial, Tujuan, dan Materi ajar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial, Tujuan, dan Materi ajar
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 06:26
Last Modified: 05 Jun 2020 06:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum