KREATIVITAS KOGNITIF GURU DALAM PROSES BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN

Arief Arafat Hankam, NIM: 17204080016 (2019) KREATIVITAS KOGNITIF GURU DALAM PROSES BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS KOGNITIF GURU DALAM PROSES BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)
17204080016_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS KOGNITIF GURU DALAM PROSES BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO DEPOK SLEMAN)
17204080016_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Berawal dari keingintahuan penulis terhadap bentuk kreativitas kognitif guru dalam proses berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Ma’arif Bego, hal ini merujuk pada kurikulum 2013 akan proses pembelajaran yang aktif, efektif, kreatif dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kreativitas kognitif guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik, bentuk proses berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV MI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subyek penelitiannya yaitu Kepala MI Ma’arif Bego, guru kelas IV B dan IV C, peserta didik kelas IV B dan IV C. Sedangkan objeknya yaitu kreativitas kognitif guru dalam proses berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan metode triangulasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kreativitas kognitif guru terlihat dalam: kreativitas merencanakan dan mempersiapkan kegiatan belajar, kreativitas guru dalam menerapkan pendekatan saintifik kurikulum 2013 (mengamati,menanya,mencoba,mengasosiasi,mengkomunikasikan), kreativitas guru dalam penerapan model pembelajaran (pembelajaran inkuiri, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek), kreativitas guru dalam menggunakan beragam metode pembelajaran, kreativitas guru dalam menggunakan keterampilan mengajar (memberikan penguatan, keterampilan bertanya, keterampilan variasi, keterampilan menjelasakan, membuka dan menutup pelajaran, mengelola kelas, membimbing diskusi kelompok kecil) dan, kreativitas guru dalam melaksanakan penilaian hasil belajar. Sedangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik terlihat pada kemampuan bertanya, mengamati, mencoba, menalar, menyimpulkan serta kemampuan mengkomunikasikan yang pada prosesnya sejalan dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Kata kunci: kreativitas kognitif, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kreativitas kognitif, kemampuan berpikir kritis, pembelajaran tematik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 06:32
Last Modified: 05 Jun 2020 06:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37767

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum