PEMBELAJARAN IPS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SD ADISUCIPTO I YOGYAKARTA

SYAFRIDAH, NIM: 17204080030 (2019) PEMBELAJARAN IPS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SD ADISUCIPTO I YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN IPS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SD ADISUCIPTO I YOGYAKARTA)
HALAMAN DEPAN_BAB I_BAB V_17204080030_SYAFRIDAH.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN IPS DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SD ADISUCIPTO I YOGYAKARTA)
BAB II_BAB III_BAB IV_17204080030_SYAFRIDAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran IPS dari perspektif pendidikan multikultural dengan latar belakang penelitian yaitu sering terjadinya perselisihan antar anak didik yang berbeda agama yang akhirnya menimbulkan masalah yang serius. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui profil siswa dari perspektif pendidikan multikultural di SD Adisucipto 1 Yogyakarta, untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPS dari perspektif pendidikan multikultural di SD Adisucipto 1 Yogyakarta, dan untuk pendukung dan penghambat penerapan pendidikan multikultural di SD Adisucipto 1 Yogyakarta. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, subjek dalam penelitian ini kepala sekolah, guru kelas dan siswa. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi tekhnik. Hasil akhir penelitian ini adalah 1) Pembelajaran IPS yang berkaitan dengan multikultural terdapat dua pembelajaran. Pertama, tema 1 organ gerak hewan dan manusia subtema 2 manusia dan lingkungan pada pembelajaran 3. Kedua, tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 3 memelihara kesehatan organ pernapasan manusia pada pembelajaran 3. Pemberian contoh yang diberikan, pemahaman dan diskusi yang dilakukan tidak ada kecenderungan memihak pada satu budaya atau agama tertentu.2) Siswa masih kebingungan dan kewalahan untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang diberikan oleh guru. 3) Guru memberikan kesetaraan yang adil kepada siswa. 4) Konflik antara siswa yang berbeda agama masih sering terjadi dikarenakan Metode dan model pengajaran yang diberikan guru kurang sesuai dengan latar belakang peserta didik yang berbedabeda. 5) Pemberdayaan budaya dilakukan sesui dengan agamanya masing seperti agama Islam setiap bulan ramadhan mengadakan pesantren kilat. Faktor pendukung pendidikan multikultural di SD Adisucipto I Yogyakarta adalah 1) Kurikulum sekolah. 2) Iklim sekolah. 3) Program dan kegiatan. Sedangkan penghambatnya adalah 1) Kurangnya media pembelajaran 2) Sebagian siswa kurang menerima dan menyesuaikan perbedaan. Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Pendidikan Multikultural

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Pendidikan Multikultural
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 13:48
Last Modified: 05 Jun 2020 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37771

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum