IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA KARYAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

LUBNA NADIYATUZ ZULFA, NIM. 15490088 (2019) IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA KARYAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA KARYAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
15490088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN ETOS KERJA KARYAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
15490088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula karena peneliti menemukan adanya permasalahan di perpustakaan UMY. Permasalahan tersebut mengenai budaya organisai yang cukup baik di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, hanya saja para karyawan perpustakaan belum sepenuhnya menerapkan budaya organisasi tersebut pada saat bekerja. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi budaya organisasi denganmenggunakan 11 karakteristik budaya organisasi dalam meningkatkan etos kerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan dengan mengumpulkan seluruh data, mereduksi data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Interaksi antar karyawan yang ada di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dilakukan dengan dua cara, yakni interaksi langsung dan tidak langsung; 2) Ada 9 budaya organisasi di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yaitu, amanah dan tanggungjawab, kebersamaan, kejujuran, kedisiplinan, keadilan, tulus dan ikhlas, mawas diri, kepedulian dan profesionalitas. Yang mana secara keseluruhan telah disosialikan kepada karyawan sejak awal, kemudian nilai-nilai tersebut diwujudkan dalam kegiatan sehari-hari karyawan. Budaya organisasi di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini sudah cukup baik sehingga mampu meningkatkan etos kerja karyawan perpustakaan. Hal ini diimplementasikan dengan adanya dorongan dan motivasi dari kepala perpustakaan kepada karyawannya untuk menyampaikan ide baru dalam melaksanakan tugas untuk meningkatkan kualitas perpustakaan, sehingga ada keterbukaan untuk perpustakaan yang lebih maju, sehingga karyawan di perpustakaan menjadi lebih semangat, lebih disiplin dan tanggung jawab, memiliki hubungan yang baik dengan karyawan dan atasan, dan meningkatnya kepercayaan pengunjung perpustakaan UMY.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi dan Etos Kerja
Subjects: Organisasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:46
Last Modified: 27 Jan 2020 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum