MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIMPATIKA) DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD) KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN

NOVITA RIMA PUTRI, NIM. 15490092 (2019) MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIMPATIKA) DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD) KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIMPATIKA) DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD) KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN)
15490092_BAB I_BAB V.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (SIMPATIKA) DALAM PENINGKATAN LAYANAN PENDIDIKAN DI BIDANG PENDIDIKAN MADRASAH (DIKMAD) KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN)
15490092_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Latar belakanga penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terhadap peranan teknologi terhadap sistem pendidikan yang telah masuk di era baru tetapi belum diimbangi dengan peningkatan sumber daya manusia untuk memanfaatkan sistem informasi dalam proses pelayanan pendidikan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Sistem Informasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam peningkatan layanan pendidikan di Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif dengan mengambil latar di Kementerian Agama Kabupaten Sleman khususnya di bidang Pendidikan Madrasah. Subjek penelitian ini adalah Operator SIMPATIKA di bidang Pendidikan Madarasah, Admin Madrasah dan Guru PNS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dnegan cara trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) manajemen sistem informasi pendidik dan tenga kependidikan (SIMPATIKA) di Kementerian Agama Kabupaten Sleman meliputi: (a) Pelatihan pengaplikasian SIMPATIKA, (b) Pelaksanaan dalam mengolah data (c) Penyusunan personal dalam mengolah data (d) Evaluasi. Pengolahan dalam pengumpulan data guru dengan memaksimalkan kinerja operator SIMPATIKA Kabupaten dan admin madrasah masing-masing. Penyajian data dilakukan secara online dan manual dalam bentuk hard copy diluar aplikasi dikumpulkan di bidang Dikmad Kementerian Agama Sleman. (2) implementasi SIMPATIKA dalam peningkatan layanan pendidikan telah dilakukan secara optimal dan sesuai dengan tujuan diterapkannya aplikasi SIMPATIKA di Kementerian Agama sebagai pusat data dan informasi pendidikan dan tenaga kependidikan madrasah yang mamadai. Penyimpanan data di SIMPATIKA akan masuk ke server SIMPATIKA pusat untuk ditinjau dan di evaluasi kembali. (3) hasil peningkatan layanan pendidikan di bidang Dikmad adalah pengambilan keputusan, kemudahan dalam mengakses, keamanan data dan kepuasan pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sistem Informasi, SIMPATIKA, LayananPendidikan
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 13:56
Last Modified: 27 Jan 2020 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37774

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum