PENDIDIKAN ANAK PADA MASYARAKAT MUNA (Kajian Tradisi Ritual Katoba di Kabupaten Muna)

Aris Armeth Daud Al Kahar, Nim:17204080040 (2019) PENDIDIKAN ANAK PADA MASYARAKAT MUNA (Kajian Tradisi Ritual Katoba di Kabupaten Muna). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK PADA MASYARAKAT MUNA (Kajian Tradisi Ritual Katoba di Kabupaten Muna))
17204080040_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK PADA MASYARAKAT MUNA (Kajian Tradisi Ritual Katoba di Kabupaten Muna))
17204080040_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji ritual katoba di Kabupaten Muna. penelitian ini bertujuan mengungkap simbol-simbol dalam ritual, makna pendidikan anak dalam ritual, dan dinamika perubahan yang terjadi pada tradisi ritual katoba pada masyarakat Muna. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Mengambil lokasi penelitian di kabupaten Muna dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi, display dan verifikasi data. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori simbol dari Victor Turner dan dipertegas dengan teori interakasi simbolik untuk mengungkap makna simbolik yang terkandung dalam ritual katoba. Sebagai jalan untuk mengungkap temuan penelitian mengenai nilai-nilai pendidikan anak dalam simbol-simbol ritual katoba, maka makna yang diperoleh akan dianalisis berdasarkan teori pendidikan anak menurut Abdullah Nashih Ulwan. Selain itu teori dinamika perubahan ritual katoba juga digunakan untuk melihat sejauh mana perubahan-perubahan yang terjadi disetiap tahapan prosesinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, ritual katoba dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama adalah tahapan persiapan yang berisi tentang tahapan kadiu (mandi), dofopake (dirias), dan pengantaran. Tahap kedua adalah tahapan inti yang berisi tentang dofetapa x (pembukaan), pengucapan kalimat istigfar, pengucapan kalimat tauhid dalam bahasa Arab dan bahasa Muna, serta pemberian nasihat. Tahap ketiga adalah tahapan penutup yang berisi jamuan terhadap masyarakat pelaksana ritual katoba. Hasil penelitan yang kedua adalah terdapat delapan makna edukatif dalam pelaksanaan ritual katoba. makna tersebut didapat dari articles symbolic (aspek kebendaan dalam ritual katoba) dan action symbolic (aspek Non-benda). Kedelapan makna edukatif itu adalah pendidikan iman, pendidikan akhlak, pendidikan fisik, pendidikan mental/psikis, pendidikan intelektual, pendidikan sosial, pendidikan seks, serta pendidikan lingkungan hidup. Ketiga, Perubahan ritual katoba dapat dilihat dari tahapan berikut ini a) tahapan persiapan, pada prosesi pemikulan yang dahulu menggunakan kuda sekarang telah berganti menjadi kerabat laki-laki, b) tahapan inti, dengan dimasukkannya nasihat menghargai guru, c) peniadaan patokan kewajiban pembayaran biaya pasali, d) dan juga pandangan sebagian masyarakat Muna yang tidak mewajibkan anaknya melaksanakan ritual katoba dan digantikan dengan menempuh pendidikan formal. Kata Kunci: Makna, Pendidikan Anak, Ritual Katoba

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Makna, Pendidikan Anak, Ritual Katoba
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 13:50
Last Modified: 05 Jun 2020 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum