PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA

ULFAH LATIFATUZZAHRO, NIM.15490103 (2019) PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
15490103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN KEDISIPLINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SLEMAN YOGYAKARTA)
15490103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembinaan kedisiplinan siswa di MAN 2 Sleman Yogyakarta yang merupakan madrasah inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembinaan kedisiplinan yang meliputi tata tertib madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MAN 2 Sleman Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah Waka kesiswaan, guru BK, wali kelas XII IPA 1, wali kelas XI IPS 2 dan 2 siswa yaitu siswa kelas X IPS 1 dan kelas XI Agama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan cara triangulasi sumber dan teknik yang dikombinasikan dengan teori. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penerapan pembinaan kedisiplinan yaitu: a. melalui kegiatan keagamaan, b. sistem poin, c. kegiatan ekstrakurikuler, d. bimbingan konseling dan e. pemberian hukuman. (2) upaya dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 2 Sleman Yogyakarta yaitu: a. memberikan peringatan dan nasehat yang baik, b. memberikan hukuman yang mendidik bagi siswa yang terlambat ke madrasah, c. saling kerja sama, e. memberikan contoh teladan yang baik, f. pengumpulan tugas tepat waktu, g. pemberian penghargaan bagi siswa yang berprestasi dan berkelakuan baik dan h. pelatihan pengaplikasian software jos bagi siswa tunanetra. (3) hasil dari penerapan pembinaan kedisiplinan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MAN 2 Sleman Yogyakarta yaitu: a. menjuarai berbagai macam perlombaan baik akademik maupun non akademik, b. banyak lulusan MAN 2 Sleman Yogyakarta yang melanjutkan di perguruan tinggi, c. siswa lulus dengan prosentase 100% dan e. menjadikan siswanya membiasakan diri berperilaku disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M. Ag
Uncontrolled Keywords: pembinaan kedisiplinan, prestasi belajar siswa.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 27 Jan 2020 14:42
Last Modified: 27 Jan 2020 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum