UPAYA PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI (STUDI DI LEMBAGA PELATIHAN KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN YAYASAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)

M Zainudin Nur Sodik, NIM :14720041 (2019) UPAYA PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI (STUDI DI LEMBAGA PELATIHAN KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN YAYASAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI (STUDI DI LEMBAGA PELATIHAN KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN YAYASAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA))
14720041_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PESANTREN DALAM MENUMBUHKAN ENTREPRENEURSHIP SANTRI (STUDI DI LEMBAGA PELATIHAN KETERAMPILAN DAN KEWIRAUSAHAAN YAYASAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA))
14720041_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ebagai lembaga pendidikan pondok pesantren memiliki potensi yang strategis dalam mengembangkan santri dan masyarakat, Semakin berkembangnya zaman menuntut pesantren untuk dapat bertahan dalam arus globalisasi kemampuan pesantren dalam menjawab soal-soal yang ditimbulkan oleh perkembangan zaman menjadi tolak ukur dari masyarakat terhadap eksistensi pesantren. Oleh karena itu pesantren memerlukan suatu pengembangan atau sebuah trobosan dalam meningkatkan kemampuan santri agar mampu bertahan dan bersaing dalam zaman yang serba maju ini. Sebagai lembaga pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta berupaya untuk memberdayakan santri hal ini dibuktikan dengan mendirikan lembaga yang secara khusus melatih dan mengembangkan kemampuan santri dalam bidang entrepreneurship yang diberi nama Lembaga Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh pesantren dalam Menumbuhkan Entrepreneurship santri (studi Lembaga Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta). metode penelitian dekriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menentukan informan peneliti mengunakan metode purpose sampling kemudian dalam pengolahan data peneliti mengunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengunakan teori pemberdayaan milik Edi Suharto yaitu dengan mengunakan empat elemen pendekatan dalam pemberdayaan yaitu pemungkinan, penguatan, penyokongan dan pemeliharaan Hasil dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh Lembaga Pelatihan Keterampilan dan Kewirausahaan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta dalam menumbuhkan kesadaran dan motivasi santri dalam bidang entrepreneurship dilakukan dengan mengunakan programprogram antara lain seminar keterampilan dan Kewirausahaan,xvii pelatihan supir dan montir mobil, pelatihan memasak, pelatihan kelistrikan, desain grafis, kegiatan tersebut bekerjasama dengan lembaga lain. Program ini dilakukan sebagai proses memberdayakan santri dalam upaya menumbuhkan kesadaran santri dan melatih santri agar memiliki bakat baik dalam bidang keterampilan maupun wirausahaan. Kata kunci: Entrepreneurship Pesantren, Pemberdayaan Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Zainal Arifin, M.A, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Entrepreneurship Pesantren, Pemberdayaan Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jun 2020 19:59
Last Modified: 08 Jun 2020 19:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum