IMPLEMENTASI SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGTENGAH BANJARNEGARA

Adina Faeda Rahmani, NIM. 15430005 (2019) IMPLEMENTASI SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGTENGAH BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGTENGAH BANJARNEGARA)
15430005_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SENAM IRAMA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KARANGTENGAH BANJARNEGARA)
15430005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi senam irama dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok B TK Bustanul Athfal „Aisyiyah Karangtengah, apakah dengan penerapan senam irama perkembangan motorik kasar anak akan meningkat atau tidak sesuai dengan STPPA. Perkembangan motorik kasar merupakan suatu kemampuan gerak yang melibatkan aktivitas otot-otot seperti tangan, kaki dan seluruh tubuh anak. Salah satu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak adalah dengan kegiatan senam irama, dalam kegiatan senam irama anak diajarkan dalam berbagai gerakan untuk melatih seluruh otot-otot bagian tubuh dengan iringan musik. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi senam irama pada anak kelompok B di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal Karangtengah dalam mengembangkan motorik kasar anak usia dini? (2) Faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar anak melalui kegiatan senam irama pada anak kelompok B di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, lokasinya adalah TK „Aisyiyah Bustanul Athfal Karangtengah Banjarnegara. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Uji keabsahan data mengunakan triangulasi Teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi senam irama dalam mengembangkan motorik kasar anak kelompok B mengalami perkembangan yang sudah sesuai dengan tahap perkembangan anak dimana anak mampu melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan. Dapat melakukan kordinasi herak mata, kaki, tangan, kepala dalam menirukan senam serra melakukan permainan fisik dengan aturan. Hal tersebut dapat dilihat pada catatan perkembangan anak yang mengalami peningkatan. Dimana BSH terdapat 8 anak dan BSB terdapat 22 anak, sudah tidak ada lagi anak yang MB dikarenakan anak menyukai setiap gerakan pada senam irama yang menyenangkan yang membuat anak bergerak. Faktor pendukung yang membantu terlaksananya kegiatan senam irama dalam mengembangkan motorik kasar anak yaitu sarana prasarana, antusias anak didi, guru, motivasi atau dorongan dan juga dukungan dari orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu kondisi mood anak berubah-rubah, listrik mati serta lokasi yang kurang luas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Senam Irama, Motorik Kasar
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:49
Last Modified: 28 Jan 2020 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum