TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI PONDOK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN GEBANG PURWOREJO JAWA TENGAH (Studi Tentang Perkembangan dan Sistemnya)

ARIFIN, NIM. 00520350 (2007) TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI PONDOK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN GEBANG PURWOREJO JAWA TENGAH (Studi Tentang Perkembangan dan Sistemnya). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI PONDOK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN GEBANG PURWOREJO JAWA TENGAH (Studi Tentang Perkembangan dan Sistemnya))
00520350__BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TAREKAT QODIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI PONDOK PESANTREN AN-NAWAWI BERJAN GEBANG PURWOREJO JAWA TENGAH (Studi Tentang Perkembangan dan Sistemnya))
00520350__BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Modemisasi yang diharapkan mampu membawa kesejahteraan pada kehidupan ternyata tidak sepenuhnya berhasil, sehingga banyak manusia mengalami keterasingan jiwa dan merasa jauh dari Tuhan. Di tengah suasana perkembangan zaman yang materialistis, sekularistis, dan sepi akan nilai-nilai ke Tuhanan, manusia menoleh untuk menggali nilai-nilai keluhuran yang dapat menuntun mereka kembali kepada fitrahnya. Hal ini terjadi pada masyarakat Kota Purworejo. Di kota ini, khususnya di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan, pengaruh tarekat telah tumbuh dan berkembang dengan pesat, hancumya struktural tradisional, ketidakpuasan moral dan keterpurukan ekonomi yang dialami_ masyarakat setempat menciptakan suatu kebutuhan baru akan ajaranajaran dan nasehat yang bersifat magis mistik. Untuk itu penelitian ini mengkaji bagaimana perkembangan tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah dan apa saja sistem ajaran yang digunakan tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Purworejo. Permasalahan ini yang mendasari penulis untuk melakukan penelitian ini. Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan merupakan gabungan dari dua tarekat, yakni tarekat Qodiriyah dan yang mengajarkan tata cara dzikir Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani dengan Zikir Nafi Jsbat La Raha Ria Allah dengan suara keras (jahr), dan tata cara tarekat Naqsyabandiyah oleh Syaikh Mulana Muhammad Naqsyabandi dengan Zildr Ismu Dzat Allah dalam Latha'if Tujuh, dengan bacaan lemah (si"i). Dalam jama'ah tarekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren An-Nawawi ini zikir digunakan ~bagai teknis yang paling pokok untuk mencapai kesempumaan beribadah kepada Tuhan, yang bertujuan untuk memperoleh ketentraman dan ketenangan hati. Studi dalam skripsi ini meneliti tentang tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah di Pondok Pesantren An-Nawawi Berjan Gebang Purworejo yang mengkaji pada aspek perkembangan dan sistemnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dalam memperoleh data yang ada di lapangan peneliti menggunakan pendekatan historis. Untuk mengumpulkan data, yakni melalui participant as observer (pengamatan peserta), interview (wawancara), dan mengumpulkan "dokumen pribadi" milik guru (mursyid) tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah. Tarekat merupakan salah satu cabang dari tasawuf yang mengajarkan manusia agar dekat dengan Allah swt. dengan cara zikir. Dari nilai-nilai sufistik tersebut diharapkan dapat menjadi pondasi untuk keluar dari kebuntuan modernitas. Motivasi para pengikut ajaran tarekat ini tentunya beraneka ragam, namun yang utama adalah ingin meningkatkan amal ibadah dan mengharap keridbaan Allah swt, sehingga dapat menemukan makna hidup yang sebenarnya Kata Kunci: Qodiriyah wa Naqsyabandiyah, Tarekat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Syaifan Nur, MA. Drs, Rahmat Fajri. M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Qodiriyah wa Naqsyabandiyah, Tarekat
Subjects: Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jun 2020 13:37
Last Modified: 12 Jun 2020 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum