IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ANGKASA TASIKMALAYA

Niffa Asrilla Yulisar, NIM. 15430070 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ANGKASA TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ANGKASA TASIKMALAYA)
15430070_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CALISTUNG UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK ANGKASA TASIKMALAYA)
15430070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pro dan kontra tentang penerapan pembelajaran calistung di Taman Kanak-Kanak. Kegiatan calistung banyak menimbulkan kritik dari pemerhati anak usia dini. Bahwasannya dunia anak adalah bermain dan bergembira dan hal yang paling penting yang harus dikembangkan di TK adalah bersosialisasi dan etika. Namun ada pendapat yang beranggapan bahwa anak usia dini merupakan masa emas dimana mudah sekali menyerap segala macam informasi. Maka seharusnya masa ini dimanfaatkan dengan diberikan segala materi dan rangsangan yang baik termasuk calistung dari sejak dini. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai implementasi pembelajaran calistung untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini kelas B di TK Angkasa Tasikmalaya. Tujuan penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran calistung di TK Angkasa Tasikmalaya? (2) Bagaimana perkembangan kognitif anak dengan adanya pembelajaran calistung tersebut? (3) Apakah pembelajaran calistung berdampak pada perkembangan kognitif anak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian yaitu guru kelas B di TK Angkasa Tasikmalaya. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi kegiatan pembelajaran calistung yang diterapkan di sekolah. Selain itu ada dokumentasi dan wawancara dengan narasumber wali kelas. Data yang diungkap mengenai konsep pembelajaran calistung yang diterapkan di TK Angkasa, Perkembangan kognitif anak di sekolah tersebut dan dampak pembelajaran calistung yang telah diterapkan seperti apa. Analisis dengan reduksi data, display data, terakhir kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran yang diterapkan di TK Angkasa sebagian besar telah mengikuti idealisme pembelajaran calistung menurut teori yang ada dan yang seharusnya di terapkan di TK. Pembelajaran dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan kondisi dan kemampuan anak. (2) Aspek kognitif anak berkembang dengan baik sesuai dengan tahapan perkembangan kognitif di usia 5-6 tahun. Namun ada pula anak yang belum mampu mengimbangi dan mencapai perkembangan kognitif yang seharusnya. (3) Pembelajaran calistung di TK Angkasa Tasikmalaya berdampak pada kognitif anak. Ada yang berdampak negatif dan positif. Dampak positif dari pembelajaran calistung anak mampu mengurutkan bilangan 1-20, memahami konsep berhitung yaitu penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda sampai angka 10, anak mengenal berbagai macam lambang huruf dan konsonan, mengembangkan keterampilan membaca dengan baik dan terakhir mampu menulis nama sendiri. Dampak negatif dari pembelajaran clistung yang diterapkan di TK Angkasa ialah anak belum bisa mencapai standar tingkat pencapaian kognitif di usia 5-6 tahun sebab anak kurang motivasi belajar dikarenakan kurangnya variasi pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Hibana, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Calistung, Perkembangan Kognitif
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Jan 2020 08:52
Last Modified: 31 Jan 2020 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37863

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum