IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD ISLAM TERPADU BAKTI BAITUSSALAM TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019

Lukluk Uswatun Khasanah, NIM. 15430074 (2019) IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD ISLAM TERPADU BAKTI BAITUSSALAM TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD ISLAM TERPADU BAKTI BAITUSSALAM TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430074_BAB-I_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK KELOMPOK B2 DI PAUD ISLAM TERPADU BAKTI BAITUSSALAM TAMANAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430074_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sikap disiplin pada anak usia dini di sekolah, padahal karakter disiplin sangatlah penting sebagai bekal anak agar memiliki akhlak yang baik hingga dewasa. Dalam kegiatan disekolah pendidik di PAUD Islam Terpadu Bakti Baitussalam sudah menerapkan berbagai metode agar dapat menumbuhkan sikap disiplin anak seperti metode pembiasaan dan keteladanan. Namun, perilaku kurang disiplin anak masih saja muncul. Perilaku kurang baik anak tersebut sebaiknya jangan dibiarkan, oleh karena itu diperlukan adanya motivasi eksterinsik seperti metode reward dan punishment sebagai pengutan (reinforcement) dan konsekuensi untuk sikap anak agar dapat meningkatkan kedisiplinan pada anak usia dini. Dalam mendisiplinkan anak masih banyak pendidik dan guru yang melakukan hukuman dengan kekerasan kepada anak, padahal hal itu tidaklah benar. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui bagaimana penerapan metode reward dan punishment yang baik dalam kegiatan belajar mengajar pada anak usia dini di kelompok B2 PAUD Islam Terpadu Bakti Baitussalam. Untuk mengetahui peningkatan kedisiplinan anak dengan diterapkannya metode reward dan punishment. Penulis juga ingin mengetahui apa sajakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat guru dalam penerapan metode reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan pada anak kelompok B2 PAUD Islam Terpadu Bakti Baitussalam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan mengambil tempat penelitian di PAUD Islam Terpadu Bakti baitussalam Tamanan, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang didapat yaitu (1) penerapan reward yang di terapkan pada kelompok B2 berupa pujian, pemberian stiker dan pemberian aktivitas. Sedangkan pemberian punishment berupa nasehat, mengahafal surah pendek dan mengulangi kegiatan.(2) kedisiplinan anak kelompok B2 meningkat dengan diterapkannya metode reward dan punishment namun masih kurang, karena kedisiplinan siswa hanya saat atau setelah diterapkan metode tersebut. Sehingga masih perlu metode lain yang mendukung seperti keteladanan dan pembiasaan yang konsisten(3) Faktor pendukung yaitu kebijakan sekolah dan pembiasaan, sedangkan faktor penghambatnya perbedaan karakter anak dan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Suismanto
Uncontrolled Keywords: Reward dan punishment, kedisiplinan, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Jan 2020 13:33
Last Modified: 31 Jan 2020 13:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum