LIVING QUR’AN HADIS MELALUI MEDIA KALIGRAFI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN

Elia Anjayani, NIM: 15410003 (2019) LIVING QUR’AN HADIS MELALUI MEDIA KALIGRAFI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (LIVING QUR’AN HADIS MELALUI MEDIA KALIGRAFI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN)
15410003_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (LIVING QUR’AN HADIS MELALUI MEDIA KALIGRAFI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN)
15410003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah seiring dengan perkembangan zaman, al-Qur‟an dan Hadis adalah sumber hukum Islam yang mampu menjawab berbagai macam problematika dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam pembentukan akhlak siswa yakni melalui program living Qur‟an Hadis di sekolah. Program living Qur‟an Hadis ini menarik apabila dikaitkan dengan media kaligrafi. Yang menjadi tujuan dari permasalahan tersebut adalah untuk mengetahui program living Qur‟an Hadis, pelaksanaannya, serta hasil dari pelaksanaan program tersebut dalam pembentukan akhlak siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan penelitian fenomenologi yang melakukan penelitian sosial di lingkungan sekolah. Adapun pengumpulan data-datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan reduksi data yang disusun secara sistematis, kemudian display data yang berupa uraian deskriptif yang panjang dan terakhir diberikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Program living Qur‟an Hadis di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman berdasarkan pada empat aspek kalian living Qur‟an Hadis, yaitu pertama, aspek oral/recitation, kedua aspek aural/hearing, ketiga aspek tulisan/writing, dan keempat aspek perilaku/attitude. 2) Pelaksanaan living Qur‟an Hadis melalui kaligrafi di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman berdasarkan pada kaligrafi di dinding sekolah yang terdiri dari QS. Al-Alaq: 1-5, QS. Ali Imran : 104 dan 190, QS. Al-Mujadalah: 11, Hadis tentang larangan mengadu domba, Hadis tentang kemuliaan seseorang di sisi Allah swt., serta Hadis tentang ilmu yang bermanfaat. 3) Dalam keseharian pembentukan akhlak siswa terbentuk dengan baik yang dapat dilihat seperti pembentukan akhlak pada aspek kedisiplinan, menuntut ilmu dengan bersungguh-sungguh, amar ma‟ruf nahi munkar, kejujuran, saling mengingatkan, saling menghargai dan tolong menolong, serta pembiasaan baik lainnya yang sesuai dengan tulisan kaligrafi di dinding sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa living Qur‟an Hadis melalui media kaligrafi bagi siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman dapat membentukan akhlak atau karakter Islami siswa. Kata kunci : Living Qur‟an Hadis, media kaligrafi, pembentukan akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Living Qur‟an Hadis, media kaligrafi, pembentukan akhlak
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jun 2020 13:19
Last Modified: 15 Jun 2020 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum