PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA GEN HALILINTAR (Tinjauan Materi Dan Metode Dalam Buku-Buku Karya Lenggogeni Faruk)

THIFAL MUFIDAH, NIM: 15410026 (2019) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA GEN HALILINTAR (Tinjauan Materi Dan Metode Dalam Buku-Buku Karya Lenggogeni Faruk). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA GEN HALILINTAR (Tinjauan Materi Dan Metode Dalam Buku-Buku Karya Lenggogeni Faruk))
15410026_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA GEN HALILINTAR (Tinjauan Materi Dan Metode Dalam Buku-Buku Karya Lenggogeni Faruk))
15410026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah maraknya kenakalan remaja yang mulai memprihatikan. Salah satu faktor yang menyebabkan kenakalan pada anak yakni kurangnya perhatian pihak keluarga dan minimnya pemahaman agama di kalangan anak. Dari kasus permasalahan tersebut perlu adanya kesadaran dari masing-masing orang tua bahwa pendidikan agama dalam keluarga merupakan hal yang penting untuk direncanakan dan diterapkan oleh para orangtua. Belakangan mulai terkenal satu keluarga unik dan inspiratif yang sedang menjadi perbincangan publik. Keluarga Gen Halilintar yang terdiri dari sepasang orang tua dan sebelas anak. Kesibukan kedua orang tua Gen Halilintar tidak lantas menjadikan mereka lalai akan pendidikan bagi keluarganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam keluarga Gen Halilintar. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan atau library research dengan mengambil data dari buku-buku karya Lenggogeni Faruk. Adapun pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep dasar Pendidikan Agama Islam yang diterapkan dalam keluarga Gen Halilintar adalah konsep homeschooling yang berfokus pada pembinaan 4 unsur dalam diri manusia yaitu unsur jiwa, raga, akal dan nafsu. Pelaksanaan konsep homeschooling pada keluarga perlu diimbangi dengan pendidikan formal pada umumnya agar tujuan pendidikan tercapai secara utuh. 2) Materi yang diajarkan dalam keluarga tersebut adalah materi akidah akhlak meliputi iman terhadap Allah dan Rasul, berbakti kepada kedua orang tua, menutup aurat dan bersyukur materi ibadah meliputi ibadah shalat, berdagang dan menikah, materi membaca al-Quran serta materi sejarah Islam. 3) Metode Pendidikan Agama Islam yang diterapkan dalam keluarga Gen Halilintar antaralain: travelling, keteladanan, cerita, nasihat dan syair. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Keluarga, Gen Halilintar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Usman, SS, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Keluarga, Gen Halilintar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jun 2020 13:21
Last Modified: 15 Jun 2020 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37875

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum