IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IX TUNAGRAHITA SLB PGRI TRIMULYO

Isti Amanatul Qona’ah, NIM. 15410064 (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IX TUNAGRAHITA SLB PGRI TRIMULYO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IX TUNAGRAHITA SLB PGRI TRIMULYO)
15410064_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI PADA SISWA KELAS IX TUNAGRAHITA SLB PGRI TRIMULYO)
15410064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah perubahan Kurikulum KTSP 2006 menjadi Kurikulum 2013 karena kelemahan-kelemahan pada Kurikulum 2006. Kurikulum 2013 dicetuskan dengan tujuan untuk menciptakan insan yang produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Perubahan kurikulum tersebut berpengaruh pada SKL, standar isi, standar proses, dan standar penialain PAI dan Budi pekerti. SLB PGRI Trimulyo menerapkan Kurikulum 2013 sejak tahun ajaran 2015/2016 dengan memberikan jam khusus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya diselipkan dalam materi pelajaran tertentu. Dalam proses pembelajaran tertentu guru tidak hanya ceramah di dalam kelas namun siswa dibawa ke lapangan agar siswa dapat merasakan pengalaman langsung apa yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendreskripsikan Implementasi Kurikulum 2013, faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SLB PGRI Trimulyo. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur kurikulum SLB PGRI Trimulyo sudah sesuai dengan Peraturan Direktur Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Nomor:10/D/KR/2017 yaitu mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sebagai mata pelajaran kelompok A yang tidak ditematikkan beban belajar 2x35 menit dalam seminggu. Dalam proses pembelajaran, guru sudah menggunakan pendekatan saintifik secara sederhana namun masih ada satu langkah yaitu mencoba yang belum terrealisasikan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Dalam penilaian guru menilai dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor melalui penilaian akhir pembelajaran, PTS, PAS, dan ujian akhir sekolah. namun instrumen penilaiannya tidak terorganisir. Faktor pendukungnya berasal dari guru, sarana dan prasarana, hubungan dengan orang tua dan KKG (Kelompok Kerja Guru) serta musyawarah Intern. Faktor penghambatnya yaitu berasal dari siswa, berasal dari guru, dan berasal dari sekolah. Berasal dari siswa yang meliputi kelainan pada siswa, motivasi siswa rendah, siswa yang belum lancar dalam membaca dan menulis. Berasal dari guru yang meliputi tidak ada guru khusus PAI dan Budi Pekerti, dan guru tidak menyusun RPP sehingga pembelajaran belum terorganisir. Berasal dari sekolah yang meliputi ruang kelas rombel dan tidak ada buku siswa dan buku guru. Kata kunci: Implemetasi, Kurikulum 2013, PAI dan Budi Pekerti, Tunagrahita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Ratnasari, S. Ag., M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Implemetasi, Kurikulum 2013, PAI dan Budi Pekerti, Tunagrahita
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jun 2020 13:47
Last Modified: 17 Jun 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum