IMPLEMENTASI PROGRAM KEPUTRIAN DALAM MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWI KELAS VIII DI SMP N 1 IMOGIRI

SITI NUR HIDAYATI, NIM. 15410092 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM KEPUTRIAN DALAM MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWI KELAS VIII DI SMP N 1 IMOGIRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KEPUTRIAN DALAM MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWI KELAS VIII DI SMP N 1 IMOGIRI)
15410092_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KEPUTRIAN DALAM MENGEMBANGKAN RELIGIUSITAS SISWI KELAS VIII DI SMP N 1 IMOGIRI)
15410092_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dimensi religiusitas merupakan cerminan kualitas sikap seseorang atas agama yang dianutnya. Namun pada kenyataannya di lingkungan sekitar masih sering ditemui kurangnya pengetahuan siswi tentang dasar-dasar Agama sehingga menunjukkan kurangnya ketaatan terhadap praktikpraktik Agama yang semestinya dikerjakan. Siswi juga masih memerlukan perhatian khusus untuk berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian implementasi program keputrian, faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan religiusitas siswi di SMP N 1 Imogiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitiatif yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan serta pada tahap akhir dari analisa data ini yaitu dengan mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan trianggulasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program keputrian bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Materi yang diberikan menyesuaikan dengan masa perkembangan diri siswi dan momentum-momentum tertentu yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan ceramah, tanya jawab, pembiasaan, dan pemberian suri teladan. Manfaat keputrian dapat menambah atau memperluas pengetahuan tentang Agama Islam, dan menumbuhkan kesadaran. Keefektifan dapat dibuktikan dengan menunjukkan tingkah laku atau sikap yang mayoritas siswi tidak melakukan tindakan menyimpang dari aturan yang diberikan dan adanya kesesuaian antara perencanaan dengan hasil yang dicapai. Religiusitas siswi dilihat dari segi lima dimensi menurut Glock and Stark sebagai berikut: setiap siswi memiliki keyakinan yang kuat atas agama yang dianutnya. Ilmu atau pengetahuan yang dimiliki mereka xi juga cukup untuk dijadikan dasar melakukan tindakan yang dikerjakan. Tentunya semua yang dikerjakan setiap individu memunculkan pengalaman atau penghayatan agama. (2) Faktor pendukung melalui adanya kegiatan tadarus Al quran, shalat Jumat, keputrian, shalat dhuha, shalat dhuhur, pengajian wali murid, sarana prasarana, pembelajaran PAI di sekolah, strategi khusus dari guru Agama. Sedangkan faktor penghambat: kurangnya motivasi belajar dari dalam diri siswi, faktor lingkungan dan hubungan pertemanan. Kata Kunci : Implementasi, Keputrian, Religiusitas, Siswi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Keputrian, Religiusitas, Siswi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:49
Last Modified: 03 Feb 2020 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum