PENERAPAN PERMAINAN BOLA GELINDING (BOLING) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK A1 TK PKK 98 GIRILOYO BANTUL D.I.YOGYAKARTA

Anisatun Nur’Afifah, NIM. 15430086 (2019) PENERAPAN PERMAINAN BOLA GELINDING (BOLING) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK A1 TK PKK 98 GIRILOYO BANTUL D.I.YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PERMAINAN BOLA GELINDING (BOLING) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK A1 TK PKK 98 GIRILOYO BANTUL D.I.YOGYAKARTA)
15430086_BAB-I_atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PERMAINAN BOLA GELINDING (BOLING) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK A1 TK PKK 98 GIRILOYO BANTUL D.I.YOGYAKARTA)
15430086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak kelompok A1 TK PKK 98 Giriloyo Bantul sebelum diterapkan permainan bola gelinding (boling). (2) Untuk mengetahui pelaksanaan permainan bola gelinding (boling) untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A1 di TK PKK 98 Giriloyo Bantul. (3) Untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak kelompok A1 TK PKK 98 Giriloyo Bantul setelah diterapkan permainan bola gelinding (boling). (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan permainan bola gelinding (boling)untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A1 di TK PKK 98 Giriloyo Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun tahaptahap pelaksanaan penelitian ini yaitu (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek yang digunakan adalah anak-anak kelompok A1 TK PKK 98 Giriloyo Bantul. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari menganalisis data observasi berdasarkan penyajian tabel dan persentase. Penentuan kriteria dalam penelitian ini menggunakan rumus yang dikembangkan oleh Djemari Mardapi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan motorik kasar anak kelompok A1 TK PKK 98 Giriloyo Bantul sebelum dilakukan tindakan sebesar 6,67% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik). (2) penerapan permainan bola gelinding (boling) terbukti dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A1 TK PKK 98 Giriloyo Bantul. Pelaksanaan kegiatan permainan bola gelinding (boling) berhasil meningkat dari ketegori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) Setelah diterapkan permainan bola gelinding (boling), terjadi peningkatan pada kemampuan motorik kasar anak pada siklus I sebesar 40% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik) meningkat pada siklus II menjadi 80% (kategori berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik). (4) Adapun faktor pendukung dalam penelitian ini adalah adanya kerjasama antara guru dan peneliti. Sedangkan faktor penghambatnya kurangnya pengkondisian anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hafidh Aziz, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Permainan Bola Gelinding (Boling), Motorik Kasar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:15
Last Modified: 03 Feb 2020 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum