UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B1 TK ABA JAMUSAN BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Anni Khoirunnisak, NIM. 15430098 (2019) UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B1 TK ABA JAMUSAN BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B1 TK ABA JAMUSAN BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430098 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B1 TK ABA JAMUSAN BOKOHARJO PRAMBANAN SLEMAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430098 BAB II, III, IV .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan sosial pada anak usia dini merupakan kesulitan yang dialami anak dalam melaksanakan proses berperilaku dan berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial anak, upaya guru dalam mengatasi permasalahan sosial anak, serta faktor yang mempengaruhi permasalahan sosial anak di kelompok B1 TK ABA Jamusan Bokoharjo Prambanan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di kelompok B1 TK ABA Jamusan Bokoharjo Prambanan Sleman Yogyakarta. teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pernarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data ialah menggunakan triangulasi baik teknik maupun sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) anak di kelompok B1 terdapat 10 dari 20 anak memiliki permasalahan sosial dengan dengan berbagai kondisi yaitu kesulitan bersosialisasi dengan baik dan sopan, belum mampu berbagi pada teman, belum mampu mengantri, susah untuk bekerjasama, pendiam, pemalu, penakut, kurang percaya diri, tingkah laku agresif, emosi kurang stabil, berbicara tidak sopan, bullying, dan mencari-cari perhatian orang lain. (2) upaya guru dalam mengatasi masalah sosial anak dilakukan secara khusus dengan mengedepankan pendekatan islami dan ketauladanan yang baik menurut agama dan moral sebagai wujud bimbingan moral kepada anak. secara umum dengan menggunakan metode bercerita, tanya jawab sederhana, dan bermain dalam kelompok. Tindak lanjut pada masalah sosial anak dilakukan guru bersama orang tua, dan pakar kesehatan. (3) faktor yang menjadi pengaruh xi munculnya permasalahan sosial yaitu faktor internal yang meliputi anak lahir membawa sifat-sifat pendiam, sedikit bicara serta terdapat anak dengan kondisi fisik yang kurang sempurna. Sedangkan faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah memberi pengaruh munculnya berbagai sifat-sifat tidak mampunya anak untuk bersosialisasi dengan baik dan sopan, kurangnya toleransi, dan mengganggu orang lain dengan bullying dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Masalah Sosial Anak
Subjects: Masalah Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 11:03
Last Modified: 03 Feb 2020 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum