KITAB HADIS NUSANTARA : STUDI ATAS KITAB AL-NUKHBAH AL-MARDIYYAH FI AL-AHADIS AL-NABAWIYYAH KARYA AGH. ABDURRAHMAN AMBO DALLE

NARENDRA JUMADIL HAIKAL RAMADHAN, NIM. 15551003 (2019) KITAB HADIS NUSANTARA : STUDI ATAS KITAB AL-NUKHBAH AL-MARDIYYAH FI AL-AHADIS AL-NABAWIYYAH KARYA AGH. ABDURRAHMAN AMBO DALLE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KITAB HADIS NUSANTARA : STUDI ATAS KITAB AL-NUKHBAH AL-MARDIYYAH FI AL-AHADIS AL-NABAWIYYAH KARYA AGH. ABDURRAHMAN AMBO DALLE)
15551003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KITAB HADIS NUSANTARA : STUDI ATAS KITAB AL-NUKHBAH AL-MARDIYYAH FI AL-AHADIS AL-NABAWIYYAH KARYA AGH. ABDURRAHMAN AMBO DALLE)
15551003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Abad ke-20 menjadi titik bangkitnya kajian hadis yagn ditandai dengan munculnya kitab-kitab hadis berbahasa Arab, terjemahan dan hasil pemikiran dari tokoh ahli hadis. Kitab al-Nukhbah al-Mard}iyyah Fi> al-Ah}a>dis\ al-Nabawiyyah merupakan salah satu kitab yang ditulis pada akhir abad ke-20 oleh salah satu ulama Nusantara di Sulawesi Selatan bernama Anregurutta H. Abdurrahman Ambo Dalle. Kitab ini memainkan peranan yang cukup penting ketika itu sebagai pedoman masyarakat awam di Sulawesi Selatan. Isi kandungannya membahas tema-tema pokok yang berkaitan langsung dengan kehidupan masyarakat. Melalui metode deskriptif-analitis, penelitian ini akan memaparkan karakterisitk kitab al-Nukhbah al-Mard}iyyah Fi> al-Ah}a>dis\ al-Nabawiyyah serta menjelaskan corak pemahaman hadis AGH. Abdurrahman Ambo Dalle dalam kitab tersebut. Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi Ambo Dalle menulis kitab ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat saat itu. Adapun karakteristik kitab ini yaitu sistematika penyusunan kitabnya yang disusun berdasarkan tema serta terdapat penjelasan mengenai hadis dalam tema tersebut oleh Anregurutta sendiri. Sedangkan dalam metode penyusunan kitabnya beliau menempuh langkah-langkah berikut: Pertama, mengutip hadis dengan menyebutkan perawi pertama dan mukharrij-nya. Kedua, mengutip hadis dengan menulis matannya saja. Ketiga, mengutip hadis tanpa mencantumkan mukharrij -nya. Adapun corak pemahaman hadis AGH. Ambo Dalle dalam kitab al-Nukhbah al-Mard}iyyah Fi> al-Ah}a>dis} al-Nabawiyyah merupakan pemahaman tekstual. Hal ini disebabkan AGH. Ambo Dalle dalam mensyarah hadis-hadisnya tidak melakukan kajian terhadap asababul wurud yang merupakan bagian penting dalam kajian kontekstual hadis dan beliau juga tidak menggunakan pendekatan-pendekatan yang biasa digunakan dalam kajian kontekstual hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Agung Danarta, M.Ag
Uncontrolled Keywords: AGH. Abdurrahman Ambo Dalle, hadis kontekstual
Subjects: Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 15:40
Last Modified: 03 Feb 2020 15:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37949

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum