PENGARUH FACEBOOK TERHADAP ANGGOTA KELUARGA SANTRI MAHASISWA WILAYAH III CIREBON (KSC) PADA KASUS PENISTAAN AGAMA YANG MENJERAT AHOK

TW. AGUNG ABD GHANY, NIM. 12540070 (2019) PENGARUH FACEBOOK TERHADAP ANGGOTA KELUARGA SANTRI MAHASISWA WILAYAH III CIREBON (KSC) PADA KASUS PENISTAAN AGAMA YANG MENJERAT AHOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH FACEBOOK TERHADAP ANGGOTA KELUARGA SANTRI MAHASISWA WILAYAH III CIREBON (KSC) PADA KASUS PENISTAAN AGAMA YANG MENJERAT AHOK)
12540070_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH FACEBOOK TERHADAP ANGGOTA KELUARGA SANTRI MAHASISWA WILAYAH III CIREBON (KSC) PADA KASUS PENISTAAN AGAMA YANG MENJERAT AHOK)
12540070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penistaan agama oleh Ahok adalah kasus Sosial keagamaan yang terjadi karena ucapan Ahok di Kepulauan Seribu 27 september 2016 yang mengutip Al-Maidah ayat 51 terkait pemilihan seorang pemimpin. Kasus tersebut terjadi diera media sosial sehingga banyak menyita perhatian publik. Sebagai media informasi masyarakat, media sosial banyak diakases oleh para pengguna gadget di Indonesia. Bahkan, kini menjadi salah satu media rujukan masyarakat. Namun demikian, kemudahan-kemudahan yang diberikan media sosial untuk memproduksi informasi, berakibat pada maraknya persebaran berita bohong yang tidak jelas sumber asalnya. Termasuk media sosial juga menjadi objek framing dan branding bagi kepentingan politik tertentu, yang tujuan utamanya adalah kekuasaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori hiperrealitas Jean Baudrillard yang merujuk pada buku karya Selu Margaretha Kushendrawati yang terbit pada juli 2011. Mengutip Baudrillard, Selu menyebut hiperrealitas sebagai realitas buatan yang lebih real dari yang real. Untuk data penelitian sendiri diambil dari media sosial facebook serta pandangan anggota KSC (Keluarga Santri Mahasiswa Wilayah III Cirebon) terkait kasus penistaan agama oleh Ahok. Dalam ranah hiperrealitas media sosial, KSC selaku kelompok sosial pandangan-pandangannya terkait kasus Ahok banyak dipengaruhi oleh informasi-informasi yang beredar di media sosial. Hasil dari temuan penulis, bahwa pengaruh sebuah pemberitaan yang disebar dengan menggunakan aplikasi online bernama facebook benar terjadi. Kasus yang menimpa Ahok terkait penistaan agama, dengan segala opini yang dibangun lewat fecebook benar-benar bisa memberi pengaruh kuat pada masyarakat. Dalam sebuah forum diskusi yang diselenggarakan oleh anggota KSC, banyak audien yang meyakini bahwa apa yang dilihatnya dari facebook benar-benar terjadi, hal inilah yang oleh Baudrillard disebut dengan hiperrealitas media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Soehadha, S.Sos. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Penistaan agama, Ahok, Facebook, KSC, Hiperrealitas
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 04 Feb 2020 13:35
Last Modified: 04 Feb 2020 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum