EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMPN 4 PAKEM SLEMAN

RINA ELISTIANA, NIM. 15410101 (2019) EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMPN 4 PAKEM SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMPN 4 PAKEM SLEMAN)
15410101_BAB I-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI SMPN 4 PAKEM SLEMAN)
15410101_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pendidikan karakter yang terkesan berjalan sendiri-sendiri dan masih terjadi kenakalan remaja. SMPN 4 Pakem Sleman telah melaksanakan pendidikan karakter dan kemudian ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Yogyakarta sebagai pilotting Penguatan Pendidikan Karakter. Hal yang belum dilakukan dalam tata urutan dalam manajemen pendidikan karakter dari perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), dan penilaian (evaluating) terhadap suatu program adalah evaluasi. Sehingga perlu diadakan sebuah penelitian tentang Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Agama Islam Di SMPN 4 Pakem, Sleman sebagai acuan untuk menentukan keputusan selanjutnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apa evaluasi context, input, process dan product penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran agama Islam di SMPN 4 Pakem, Sleman?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa evaluasi context, input, process dan product penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran agama Islam di SMPN 4 Pakem, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process dan Product). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Ananlisis data dilakukan dengan menggunakan metode reduksi data dan ditarik kesimpulan. Penarikan kesimpulan dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan (1) evaluasi context menunjukkan kesesuaian antara visi misi dan tujuan sekolah dengan kebutuhan sekolah dan program penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan, (2) evaluasi input sudah efektiv karena guru, peserta didik dan sarana prasarana sekolah sudah memadai dan dimanfaatkan secara maksimal, (3) evaluasi process menunjukkan efektiv karena tata kelola, kegiatan rutin, dan pembelajaran agama Islam mengandung pendidikan karakter yang baik dan mendukung pembentukan karakter siswa dan (4) evaluasi product menunjukkan bahwa siswa secara keseluruhan dalam pembelajaran agama Islam sudah memiliki karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas dalam pembelajaran agama Islam. Secara keseluruhan, menunjukkan keadaan yang efektif penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran agama Islam di SMPN 4 Pakem, Sleman. Kata kunci : Evaluasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Evaluasi, Penguatan Pendidikan Karakter, Pembelajaran Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:24
Last Modified: 03 Jul 2020 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum