PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQH BERBASIS KITAB KUNING SISWA KELAS X DI MA IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA

Narto, NIM : 15410111 (2019) PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQH BERBASIS KITAB KUNING SISWA KELAS X DI MA IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQH BERBASIS KITAB KUNING SISWA KELAS X DI MA IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA)
15410111_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA KESULITAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FIQH BERBASIS KITAB KUNING SISWA KELAS X DI MA IBNUL QOYYIM PUTRA BANTUL YOGYAKARTA)
15410111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa sebagian sumber belajar PAI yang digunakan merujuk pada kitab kuning. Terkhusus untuk mata pelajaran Fiqh yang menggunakan sumber belajar dari kitab kuning yaitu Minhajul Muslim. Sehingga siswa dituntut untuk banyak menguasai kosa kata bahasa Arab, nahwu dan shorof. Kenyataannya masih ada sebagian siswa yang belum banyak paham mengenai nahwu dan shorof dan juga dalam penguasaan kosa kata masih belum banyak sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang problematika kesulitan belajar pada pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana proses pembelajaran Fiqh menggunakan kitab kuning, apa saja problematika kesulitan belajar pada pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning, apa saja solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika kesulitan belajar pada pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning siswa kelas X di MA Ibnul Qoyyim Putra Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran yang dilakukan dan mengungkap problematika kesulitan belajar yang terjadi dan nantinya dapat mengetahui solusi yang digunakan dalam mengatasi problematika kesulitan belajar pada pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning siswa kelas X di MA Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, mengambil latar belakang MA Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh , kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik Kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) problematika kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Fiqh berbasis kitab kuning siswa kelas X MA Ibnul Qoyyim Putra Bantul Yogyakarta adalah a) Basic Bahasa atau Penguasaan Bahasa yang masih kurang. b) Penggunaan Bahasa Dalam Kitab Terlalu Tinggi. c) Memahami Arti Akan Tetapi Sulit Untuk Ditulis Dalam Bahasa Arab. d) Kurang cermat dan jeli. e) Motivasi siswa yang berbeda. f) Kondisi lingkungan yang kurang baik. g) Pembelajaran yang viii monoton. h) Tata bunyi yang masih salah. i) Kurangnya penguasaan kosakata. Solusi yang digunakan dalam mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah adanya kegiatan Bahsul Masail, penerapan metode tarjamah, dan pemberian tugas. Kata Kunci: Problematika Kesulitan Belajar Siswa, Pada Pembelajaran Fiqh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problematika Kesulitan Belajar Siswa, Pada Pembelajaran Fiqh.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:24
Last Modified: 03 Jul 2020 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37967

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum