HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL

ENDAH KUSUMAWATI, NIM. 15410120 (2019) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL)
15410120_-BAB_I-IV-DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL)
15410120_-BAB II, III .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya tingkat konsep diri akademik yang dimiliki siswa dalam proses pencapaian prestasi akademik di sekolah. Hal tersebut tentunya tidak akan terlepas dari tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki siswa itu sendiri. kecerdasan emosional berperan penting dalam menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Namun kenyataannya banyak siswa di SMK Muhammadiyah 1 Playen sebagian besar siswa masih memperoleh hasil nilai yang rendah, setelah ditanya apa penyebabnya ternyata ketika akan ujian atau ulangan harian siswa tidak mempelajari materi terlebih dahulu sehingga ketika ujian berlangsung mereka melakukan kecurangan seperti menyontek. Tidak hanya sampai di situ, kasus siswa membolos juga masih saja terjadi, hingga yang miris adalah adanya kasus siswa yang sering membolos karena melarikan uang SPP yang seharusnya segera dibayarkan ke pihak sekolah namun justru dipergunakan untuk keperluan siswa pribadi. Oleh karena itu peneliti perlu melaksanakan penelitian di SMK Muhammadiyah 1 Playen terkait konsep diri akademik hubungannya dengan kecerdasan emosional siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kecerdasan emosional dan konsep diri akademik siswa kelas X serta mengungkap adakah hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan konsep diri akademik siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Playen. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Playen sebanyak 305 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling yang didasarkan pada pertimbangan tertentu. Peneliti memutuskan untuk mengambil 7 kelas secara acak namun representatif berjumlah 175 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan uji korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan Emosional berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 138-150dengan persentase sebesar 34,3% (2) Konsep Diri Akademik siswa berada pada tingkat kategori sedang, pada kelompok interval 102-110dengan persentase 42,3% (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kecerdasan Emosional dengan Konsep Diri Akademik siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,655 dan berada pada tingkat 0,60-0,799 yang menunjukkan tingkat korelasi kuat serta nilai sigifikansi p = 0000 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan konsep diri akademik siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Payen Gunungkidul. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri Akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Munajat, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Konsep Diri Akademik.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:25
Last Modified: 03 Jul 2020 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum