NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM ANIMASI JIHAD (Sudut Kajian Sosiologi Pendidikan)

Hani Atus Syakilah, NIM. 15410139 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM ANIMASI JIHAD (Sudut Kajian Sosiologi Pendidikan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM ANIMASI JIHAD (Sudut Kajian Sosiologi Pendidikan))
15410139_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FILM ANIMASI JIHAD (Sudut Kajian Sosiologi Pendidikan))
15410139_BAB-II_III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Kenyataan menunjukkan bahwa masyarakat mengalami perubahan sosial yang sangat cepat, maju dan memperhatikan gejala desintergratif. Perubahan sosial yang cepat itu meliputi berbagai bidang kehidupan dan merupakan masalah bagi semua institusi sosial seperti : industri, agama, perekomian, pemerintahan, keluarga, perkumpulan-perkumpulan, dan pendidikan. Masalah sosial dalam masyarakat itu juga dirasakan oleh dunia pendidikan.Masalah pendidikan keluarga, pendidikan disekolah dan pendidikan dalam masyarakat merupakan refleksi masalah-masalah sosial dalam masyarakat. Gejala-gejala seperti penderitaan rakyat, kegelisahan sosial, dan desintegrasi sosial (konflik antar ras, konflik politik, konflik antar golongan agama, pemogokan, perang, dan lain sebagainya) merupakan gejala umum yang terdapat pada berbagai masyarakat. Krisis yang kita alami sekarang adalah krisis dalam hubungan antar manusia, tata sosial, dan krisis dalam hal kepercayaan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (Library Reserch), dengan mengambil objek film animasi Jihad dan sasarannya adalah untuk para pendidik terutama pendidik agama. Pendekatan yang digunakan Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan semiotik dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang realitas sosial dan berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat yang menjadi subjek penelitian sehingga tergambarkan ciri, karakter, sifat dan model dari fenomena tersebut. Analisis data dilakukan Content Analisys (Analisis Isi) atau analisis dokumentasi, yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman baik gambar, suara, tulisan ataupun wawancara kepada pihak yang bersangkutan dan ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan: pertama mencari ilmu diluar seolah spesifiknya dimasjid karena masjid adalah tempat ibadah umat muslim baik ibadah mahdhom seperti solat lima waktu, xii solat sunah dan ghoiru mahdhah seperti belajar di dalam masjid tanpa menggangu lainnya.kedua jihad yang dilakukan dalam film yang berjudul “Jihad Shoftware” memperhatikan pendidikan dalam era teknologi yang harus dipunyai oleh generasi sekarang.Ketiga nimasi jihad ditinjau dari sosiologi pendidikan kategori budaya semua pemian yang terdapat dalam film animasi Jihad itu mereka memilki etika terhadap orang-orang yang lebih tua , meminta izin ketika mau menduplikat sesuatu dengan penulisnya. Keempat dalam film animasi jihad sosiologi pendidikan kategori perilaku masyarakat Kelompok teman sebaya,salah satu tokoh mengajak untuk berdakwah melalui media massa supaya bermanfaat untuk orang banyak dan teman lainnya mendukung. Kata kunci : Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam, Film Animasi Jihad, Sosilogi Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam, Film Animasi Jihad, Sosilogi Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:26
Last Modified: 03 Jul 2020 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum