NILAI-NILAI HUMANISME DALAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI MTs N 2 SLEMAN PERIODE 2018/2019 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PUTRI NILA NINGGAR, NIM. 15410146 (2019) NILAI-NILAI HUMANISME DALAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI MTs N 2 SLEMAN PERIODE 2018/2019 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI HUMANISME DALAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI MTs N 2 SLEMAN PERIODE 2018/2019 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410146_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI HUMANISME DALAM EKSTRAKURIKULER KARAWITAN DI MTs N 2 SLEMAN PERIODE 2018/2019 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410146_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki beragam budaya, agama, suku, bahasa, dan adat istiadat yang berbeda-beda. Berbagai perbedaan tersebut menjadikan para penduduknya harus bersikap humanis, sebab berbagai perbedaan dapat memancing adanya tindakan dehumanis. Indonesia memiliki kebudayaan dalam bidang musik tradisional yang memiliki makna musikal yang humanis, yaitu karawitan. Dalam Islam, dasar pemikiran humanisme ini terumuskan dalam konsep khalifatullah. Maka sesungguhnya terdapat keterkaitan antara karawitan, nilai humanisme, dan Pendidikan Agama Islam. MTs N 2 Sleman adalah salah satu madrasah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler karawitan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pembelajaran ekstralurikuler karawitan di MTs N 2 Sleman periode 2018/2019, untuk mengetahui nilai-nilai humanisme yang terdapat dalam ekstrakurikuler karawitan di MTs N 2 Sleman, serta untuk mengetahui relevansi nilai-nilai humanisme dalam ekstrakurikuler karawitan di MTs N 2 Sleman dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Sedangkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Ekstrakurikuler karawitan dilaksanakan setiap hari Selasa, dimulai pukul 14:10 WIB sampai dengan pukul 16:00 WIB, dan diikuti oleh siswa kelas VII dan kelas VIII. Pada periode ini, terhitung 29 siswa yang dapat dikatakan aktif. Ekstrakurikuler karawitan diisi dengan pembelajaran yang sifatnya tekhnis dan non-tekhnis. (2) Nilai-nilai humanisme yang muncul dalam pelaksanaan ekstrakurikuler karawitan terwujud dalam sikap-sikap siswa yang menunjukkan adanya kebersamaan dan kerjasama, kasih sayang dan peduli, kebebasan dan tanggung jawab, serta kesopanan dan saling menghargai. (3) Relevansi nilai-nilai humanisme dalam ekstrakurikuler karawitan di MTs N 2 Sleman Periode 2018/2019 dengan Pendidikan Agama Islam terdapat pada sikap : a) kebersamaan dan kerjasama; b) kasih sayang dan peduli; serta c) kebebasan dan tanggung jawab; serta d) kesopanan dan saling menghargai. Relevansi keempat sikap tersebut terhadap Pendidikan Agama Islam adalah terdapat pada materi yang ada pada ajaran dalam Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Nilai-Nilai Humanisme, Karawitan, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Humanisme, Karawitan, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:28
Last Modified: 03 Jul 2020 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37986

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum