STRATEGI PEMBIASAAN AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Studi Komparatif antara Program Asrama Tahfidz dan Non Tahfidz)

Mufydatush Sholihah Alkhofiyah, NIM. 15410152 (2019) STRATEGI PEMBIASAAN AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Studi Komparatif antara Program Asrama Tahfidz dan Non Tahfidz). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBIASAAN AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Studi Komparatif antara Program Asrama Tahfidz dan Non Tahfidz))
15410152_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBIASAAN AKHLAKUL KARIMAH DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA (Studi Komparatif antara Program Asrama Tahfidz dan Non Tahfidz))
15410152_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

menyangkut pada masalah bagaimana melaksanakan proses pendidikan terhadap sasaran pendidikan dengan melihat situasi dan kondisi yang ada, dan juga bagaimana agar dalam proses tersebut tidak terdapat hambatan serta gangguan baik internal maupun eksternal yang menyangkut kelembagaan atau lingkungan sekitarnya. Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, sebagai institusi pendidikan Islam memiliki sistem boarding school dengan salah satu misinya yaitu menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan kepemimpinan guna membangun kompetensi dan keunggulan siswi di bidang akhlak dan kepribadian. Dengan sistem boarding school yang dimiliki, terdapat program asrama tahfidz, dimana menarik perhatian peneliti untuk mengetahui lebih dalam tentang prosesproses program yang dilakukan di salah satu asrama tersebut dalam menerapkan pembiasaan akhlak siswi-siswinya begitupun juga dengan strategi yang diterapkan. Karena terdapat perbedaan pencapaian akhlak yang lebih unggul antara program asrama tahfidz dengan program asrama non tahfidz. Salah satu contohnya yaitu diambil dari bagian akhlak terhadap lingkungan, siswi dari program asrama tahfidz terlihat sangat memperhatikan kebersihan secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekaan psikologi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan juga dokumentasi dengan subjek penelitian direktur madrasah, kaur pesantren, pamong, musyrifah, dan siswi program asrama tahfidz dan non tahfidz. Sedangkan analisis data menggunakan triangulasi dengan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Strategi pembiasaan akhlakul karimah pada program asrama tahfidz dan non tahfidz menggunakan metode keteladanan, anjuran, latihan, sanksi, dan pengawasan. (2) Hasil dari strategi pembiasaan akhlakul karimah melalui metode keteladanan dikedua asrama berjalan secara berbeda, melalui metode anjuran dengan cara yang sama, melalui metode latihan dengan cara sedikit berbeda, melalui metode sanksi dengan cara yang sama, dan melalui metode pengawasan dengan cara sedikit berbeda. Kata kunci: Strategi, Pembiasaan, Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembiasaan, Akhlakul Karimah
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:28
Last Modified: 03 Jul 2020 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37987

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum