PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PAI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN

AMALIA UMMI SHOLIHAH, NIM. 15410153 (2019) PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PAI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PAI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN)
15410153 BAB I_ IV_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGINTEGRASIAN NILAI-NILAI PEDULI LINGKUNGAN PADA MATERI PAI DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN)
15410153 BAB II_ III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

primitif kepada pola pikir modern dengan kemajuan sains dan teknologi melahirkan aktivitas produksi dan perilaku konsumtif manusia yang memunculkan sikap dan perilaku eksploitasi yang telah mempercepat dan memperburuk kerusakan alam. Pendidikan Agama Islam bisa dijadikan alat untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai peduli lingkungan pada materi PAI. SMA N 1 Kalasan sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional pada tahun 2018 sangat mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran sekolah dalam upaya penyelamatan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimanapeintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan pada materi PAI di SMA Negeri 1 Kalasan dan hasil dari pengintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan pada materi PAI di SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) pengintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan dilakukan dengan menggunakan integrasi ranah filosofis pada materi Asmaul Husna dengan modelkajian informatif, pada materi Berani Hidup Jujur menggunakan integrasi ranah materi dan strategi dengan model kajian informatif. Pada materi Berpikir Kritis menggunakan integrasi ranah strategi dengan model kajian komplementasi. Pengintegrasian dilakukan pada materi: Asmaul Husna, Berani Hidup Jujur dan Berpikir Kritis. Nilai-nilai peduli lingkungan yang diintegrasikan antara lain adalah manusia merupakan bagian yang integral dari alam, kasih sayang dan peduli, tidak merusak, hidup sederhana dan selaras dengan alam, tanggungjawab, berlaku adil terhadap alam, berjuang menegakkan keadilan, melihat tanda-tanda kebesaran Tuhan di mana saja, menjadi pengaja (khalifah) di bumi dan menjaga kepercayaan Tuhan (amanah). (2) secara garis besar hasil dari pengintegrasian nilai-nilai peduli lingkungan pada materi PAI sebagai berikut: kasih sayang terhadap alam, tidak merusak, saling memberi rasa aman, kerja bakti, berani mengingatkan teman yang tidak piket, menjadi pelopor ASA (Ada Sampah Ambil)serta adanya peningkatan dalam hal sikap peduli lingkungan walaupun belum sempurna akan tetapi pijakan awal untuk memulai kehidupan yang baik terhadap lingkungan yang berada di sekolah sebagai aplikasi dari pemahaman materi PAI yang telah dipelajari. Kata Kunci : Integrasi, Nilai-nilai Peduli Lingkungan,MateriPendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ntegrasi, Nilai-nilai Peduli Lingkungan,MateriPendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:29
Last Modified: 03 Jul 2020 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37988

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum