NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KESENIAN TARI BADUI DI DUSUN MALANGREJO, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA

WIDHA NUR HIDAYAH, NIM. 15410157 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KESENIAN TARI BADUI DI DUSUN MALANGREJO, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KESENIAN TARI BADUI DI DUSUN MALANGREJO, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
15410157_BAB-I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KESENIAN TARI BADUI DI DUSUN MALANGREJO, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA)
15410157_BAB-II_sampai_SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah bahwa kesenian Tari Badui yang dikembangkan dan dilestarikan di masyarakat dusun Malangrejo yang merupakan kesenian berlatarbelakang syiar agama Islam tidak hanya sebagai hiburan semata akan tetapi dapat menjadi media atau sarana pendidikan khususnya Pendidikan Agama Islam. Tujuan dibentuknya paguyuban kesenian Tari Badui ini adalah untuk memberikan kegiatan bagi warga dusun Malangrejo khususnya anak-anak dan remaja agar terhindar dari kegiatan yang negatif. Kesenian bukanlah hal yang kuno dan tabu untuk tetap dilestarikan karena selain sebagai hiburan, dalam kesenian Tari Badui mengandung nilai-nilai yang sangat luhur dan memberikan banyak pelajaran untuk kehidupan di dunia maupun bekal di akhirat. Namun, tidak semua orang mengetahui nilai atau pesan yang terkandung di dalam kesenian Tari Badui sehingga perlu adanya penelitian yang memuat mengenai nilai atau pesan-pesan yang terkandung dalam kesenian Tari Badui, khususnya nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam kesenian Tari Badui dan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam gerakan serta iringan kesenian Tari Badui di dusun Malangrejo, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di dusun Malangrejo, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam kesenian Tari Badui di dusun Malangrejo yaitu nilai ketakwaan yang merupakan sikap meyakini dan mempercayai Allah Swt. yang diwujudkan dengan mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, nilai keikhlasan, nilai tanggung jawab, nilai kedisiplinan, nilai kemandirian, nilai cinta tanah air, nilai kesopanan, dan nilai sosial. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kesenian Tari Badui juga terdapat pada gerakan dan iringannya, nilai Pendidikan Agama Islam dalam gerakannya meliputi nilai pendidikan keimanan, nilai ketakwaan, nilai tawadhu’, nilai tata krama, dan nilai kedisiplinan, sedangkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terdapat dalam iringan syairnya adalah nilai pendidikan keimanan yang meliputi iman kepada Allah, iman kepada Rasul Allah, iman kepada Kitab Allah, iman kepada Hari Akhir, kemudian nilai pendidikan ibadah yaitu ajakan untuk melaksanakan shalat, menuntut ilmu, bershalawat, membaca Alquran, serta nilai kedisiplinan dan nilai cinta tanah air. Kata Kunci: Kesenian Tari Badui, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sabaruddin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kesenian Tari Badui, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 13:41
Last Modified: 03 Jul 2020 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37990

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum