REALITAS GENDER DI DALAM KELUARGA NIKAH DINI (Studi Gender di Desa Karya Makmur, Labuhan Maringgai, Lampung)

Heri Setiyawan, NIM.: 14540033 (2019) REALITAS GENDER DI DALAM KELUARGA NIKAH DINI (Studi Gender di Desa Karya Makmur, Labuhan Maringgai, Lampung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REALITAS GENDER DI DALAM KELUARGA NIKAH DINI (Studi Gender di Desa Karya Makmur, Labuhan Maringgai, Lampung))
14540033_BABI_BABV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (REALITAS GENDER DI DALAM KELUARGA NIKAH DINI (Studi Gender di Desa Karya Makmur, Labuhan Maringgai, Lampung))
14540033_BABII_BABIII_BABIV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Pernikahan dini atau pernikahan anak merupakan fenomena sosial yang terjadi dikarenakan berbagai faktor diantaranya ekonomi, budaya, agama, keluarga, dorongan internal diri sendiri dan kehamilan di luar nikah. Fenomena ini mensyaratkan anak dibawah umur menjalani kehidupan rumah tangga tanpa adanya persiapan adult, mature dan materiil yang berdampak pada kehidupan rumah tangga yang bias gender dan cenderung mendiskriminasi salah satu gender yang terlibat. Ini merupakan realitas yang juga ditemukan di Desa Karya Makmur, Labuhan Maringgai Lampung Timur, Lampung. Fokus pembahasan dalam penelitian ini tercakup dalam dua hal yaitu; pertama, terkait kontstruksi laki-laki dan perempuan di dalam keluarga nikah dini; dan yang kedua, mencari akar diskriminasi gender yang terjadi di lokasi penelitian. Penelitian ini mengaplikasikan teori gender untuk mengetahui konstruksi gender yang berlaku di masyarakat dilengkapi dengan teori feminisme sebagai pembedah akar diskriminasi yang terjadi. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengolah data penelitian, yang dianalisis secara deskriptif dan eksplanasi. Data yang diperoleh bersumber dari subjek-subjek yang menjalani kehidupan keluarga nikah dini meliputi tiga keluarga (suami-istri) dan salah seorang mantan istri dari salah satu keluarga tersebut. Selain itu data juga beberapa tokoh masyarakat yang terkait di lokasi penelitian. Adapun tekhnik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwasannya terdapat konstruksi sosial terhadap realitas gender yang terjadi dan mengakibatkan diskriminasi pada perempuan di dalam Keluarga Nikah Dini di Desa Karya Makmur. Diskriminasi gender tersebut berakar dari konstruksi pengetahuan agama dan budaya yang berlaku di masyarakat . Konstruksi budaya tentang Gugon Tuhon dan Paramasastra Jawa memberikan sumbangan ketidakadilan terhadap relasi gender di dalam institusi keluarga. Konstruksi gender yang demikian semakin diperkuat oleh penafsiran agama yang menganggap bahwa sektor domestik sebagai ruang jihad bagi istri yang berakibat langgengnya ketidakadilan gender yang berlaku di masyarakat tersebut. Pemahaman agama juga turut menjadikan Nikah Dini sebagai solusi atas terjadinya kasus kehamilan di luar pernikahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum., M.A
Uncontrolled Keywords: Nikah Dini, Konstruksi Gender, Ketidakadilan, Agama, dan Budaya
Subjects: Gender
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Feb 2020 10:27
Last Modified: 23 May 2022 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum