KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MORALITAS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

MUTIA MUNAWIROH, 15410167 (2019) KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MORALITAS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MORALITAS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15410167_BAB I dan BAB Terakhir.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MORALITAS SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15410167_BAB II dan BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII rata-rata memiliki nilai raport yang baik di dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, namun pada kenyataannya, dibalik prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yang baik masih terdapat anak-anak yang bertindak amoral seperti mengikuti tawuran dan bersikap vandalisme yaitu mencoret-coret dinding dilingkungan sekolah. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat prestasi belajar Pendidikan Agama Islam, seberapa tinggi tingkat moralitas siswa kelas VIII dan apakah ada hubungan yang positif antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan moralitas siswa kelas VIII di SMP N 1 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel sebanyak 83 siswa dari total populasi yaitu 104 siswa melalui teknik random. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan korelasi product moment. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat prestasi belajar aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan berada pada kategori baik sebanyak 54 siswa atau 65%. 2) Tingkat moralitas siswa kelas VIII yang meliputi nilai kejujuran, keadilan, rasa hormat, kontrol diri, dan xii perdamaian berada pada kategori cukup baik sebanyak 32 siswa atau 38,4%. 3) Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS diperoleh hasil 0.615 artinya bahwa ada korelasi positif antara kedua variabel yaitu Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dengan Moralitas Siswa Kelas VIII di SMP N 1 Banguntapan. Hal tersebut dapat diterima karena berada pada tingkat koefisien korelasi 0,60 – 0,799, maka tingkat hubungan termasuk dalam kategori tinggi. Koefisien korelasi 0.615 (r hitung) lebih besar dari 0.216 (r tabel) pada taraf kesalahan 5% disertai dengan taraf signifikasi 0.000 < 0.05. Kata Kunci: Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Moralitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Moralitas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 13:42
Last Modified: 03 Jul 2020 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum