PEMBINAAN TOLERANSI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus dalam Keluarga di Desa Purwodadi Kuwarasan Kebumen)

SILFI I’ZA FAUZIATI, NIM: 15410179 (2019) PEMBINAAN TOLERANSI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus dalam Keluarga di Desa Purwodadi Kuwarasan Kebumen). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN TOLERANSI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus dalam Keluarga di Desa Purwodadi Kuwarasan Kebumen))
15410179_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN TOLERANSI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus dalam Keluarga di Desa Purwodadi Kuwarasan Kebumen))
15410179_BAB-II_samapai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalahsikap toleran yang dimiliki oleh masyarakat Desa Purwodadi dapat dilihat dari sikap anak-anak mereka. Saling menghormati dan menghargai kepada sesamanya meski mereka berbeda agama. Misalnya mereka saling bermain, mengunjungi rumah, dan belajar bersama.Gambaran kondisi masyarakat desa Purwodadi yang plural dalam hal agama, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi merupakan fakta yang sangat menarik. Oleh karena itu masalah dalam penelitian ini adalah mengapa keluarga di desa Purwodadi memiliki sikap toleransi yang sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan toleransi beragama melalui Pendidikan Agama Islam dalam keluarga di desa Purwodadi, Kuwarasan, Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan mengambil latar desa Purwodadi, Kuwarasan, Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung dan setelah pengumpulan data dalam periode tertentu. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi teknik, yaitu menguji kredibilitas data dengan cara mengecek data kepada sumber yang sama dengan teknik berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Sikap toleransi yang sudah dimiliki anak-anak di desa Purwodadi, merupakan hasil upaya orang tua menanamkan toleransi kepada anak-anak sedari mereka kecil. Namun dalam pembinaan toleransi penting adanya dasar agama Islam. (2) Materi pembinaan toleransi melalui Pendidikan Agama Islam yang diberikan adalah memberikan pemahaman pluralitas agama, memperdalam ilmu agama, menjaga keimanan anak, melarang anak mengikuti ajaran agama lain, memberikan kebebasan anak bergaul, menghormati orang lain, mengajak anak bersosialisasi, mengajarkan kasih sayang. Metode yang digunakan untuk memberikan pembinaan toleransi beragama melalui Pendidikan Agama Islam dalam keluarga antara lain: teladan, pembiasaan, pujian, teguran, serta hukuman. (3)Faktor yang mendukung pelaksanaan pmebinaan toleransi beragama melalui Pendidikan Agama Islam dalam keluarga di desa Purwodadi meliputi peran lembaga pendidikan guru dalam memberikan setiap mata pelajaran juga menyisipkan nilai-nilai toleransi di dalamnya. Faktor yang menghambat dalam pelaksanaan pembinaan toleransi beragam melalui pendidikan agama islam dalam keluarga di desa Purwodadi, Kuwarasan, Kebumen meliputi fanatisme keagamaan masih ada orang tua yang masih memiliki sifat fanatik yang berlebihan, melarang anaknya bergaul dengan anak yang beda agama. Kata Kunci: Pembinaan Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dwi Ratnasari M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Toleransi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 13:44
Last Modified: 03 Jul 2020 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum