NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MOTIF-MOTIF BATIK PADA UPACARA DAUR HIDUP MASYARAKAT YOGYAKARTA (Telaah Buku Batik dalam Kehidupan Masyarakat Yogyakarta Karya PPBI Sekar Jagad)

Wahyu Nur Afnan, NIM. 15410180 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MOTIF-MOTIF BATIK PADA UPACARA DAUR HIDUP MASYARAKAT YOGYAKARTA (Telaah Buku Batik dalam Kehidupan Masyarakat Yogyakarta Karya PPBI Sekar Jagad). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MOTIF-MOTIF BATIK PADA UPACARA DAUR HIDUP MASYARAKAT YOGYAKARTA (Telaah Buku Batik dalam Kehidupan Masyarakat Yogyakarta Karya PPBI Sekar Jagad))
15410180_Wahyu Nur Afnan_BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MOTIF-MOTIF BATIK PADA UPACARA DAUR HIDUP MASYARAKAT YOGYAKARTA (Telaah Buku Batik dalam Kehidupan Masyarakat Yogyakarta Karya PPBI Sekar Jagad))
15410180_BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagian besar masyarakat masih belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang makna dibalik motif-motif batik yang mereka gunakan sebagai salah satu simbol dalam upacara daur hidup yang mereka lakukan. Masyarakat sekarang hanya mengetahui batik sebagai secoret lukisan kain yang terdiri dari berbagai warna dan motif hiasan. Maraknya minat terhadap batik belum diimbangi dengan pemahaman terhadap batik itu sendiri. Informasi dan referensi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan batik masih menjadi misteri bagi sebagian masyarakat yang mulai mencintai batik. Sering kali pemakai batik klasik memilih batik karena keindahannya saja, tanpa mengetahui ihwal atau makna batik yang dipakai. Pemaparan tentang makna batik dari setiap ragam hiasnya perlu diperkenalkan pada masyarakat luas, sehingga batik tidak dipandang sebatas bentuk fisiknya saja. Oleh sebab itu maka peneliti ingin melakukan kajian teoritik untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang ada dalam setiap ragam hias motif batik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan antropologi budaya. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode content analysis (analisis isi). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) jenis-jenis motif batik dalam upacara daur hidup masyarakat yogyakarta terdiri dari jenis-jenis motif yang berbeda dan beragam. 2) makna-makna motif batik yang digunakan dalam upacara daur hidup masyarakat yogyakarta memiliki makna harapan dan doa kebaikan agar dalam menjalani fase kehidupan selalu diberikan segala kebaikan. Sedangkan nilai-nilai pendidikan islam yang terdapat dalam motif-motif batik upacara daur hidup masyarakat yogyakarta adalah: Nilai I’tiqadiyah (kepercayaan), Amaliyah, (ibadah dan muamalah), dan Khuluqiyah (etika), meliputi iman kepada Allah, cinta dan ridho, muraqabah, tawakkal, berbakti, amanah, iffah, tawadhu, sabar, toleransi dan husnudzon. Kata Kunci : Pendidikan Islam, Motif Batik, Upacara Daur Hidup

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sabaruddin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Motif Batik, Upacara Daur Hidup
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 13:44
Last Modified: 03 Jul 2020 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38001

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum