SIKAP RELIGIUS DAN NASIONALIS KELAS VIII SEBAGAI HASIL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO

ANISAH SOLIHATI, 15410185 (2019) SIKAP RELIGIUS DAN NASIONALIS KELAS VIII SEBAGAI HASIL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SIKAP RELIGIUS DAN NASIONALIS KELAS VIII SEBAGAI HASIL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO)
15410185_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (SIKAP RELIGIUS DAN NASIONALIS KELAS VIII SEBAGAI HASIL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 2 PURWOREJO)
15410185_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah Saat ini masih marak penyebaran paham radikalisme oleh beberapa aliran yang mengatasnamakan agama di Indonesia yang dapat dikatakan bertujuan untuk menentang kekuasaan pemerintah serta bertujuan menggerus jiwa nasionalis warga negara. Permasalahan yang bermunculan tersebut tentu saja semakin menguatkan keharusan adanya penanaman pendidikan karakter yang melahirkan berbagai program dengan tujuan meningkatkan sikap religius dan nasionalis secara harmonis pada anak di lingkup sekolah. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk meneliti sikap religius dan nasionalis siswa kelas VIII sebagai hasil penguatan pendidikan karakter di SMPN 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dibahas, dianalisis, diinterpretasi, dan disimpulkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan program PPK di SMPN 2 Purworejo dilaksanakan secara simultan melalui tiga pendekatan, yakni basis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat dan sudah sesuai dengan pedoman yang telah dibuat pemerintah. (2) Program penguatan pendidikan karakter cenderung lebih membawa perubahan positif pada sikap religius siswa kelas VIII. Pada ranah nilai religius, muncul sikap positif yang lebih pesat dibandingkan dengan nilai lainnya. Disusul dengan munculnya sikap positif pada kategori baik pada ranah nilai toleransi dan cinta damai. Sedangkan dalam perubahan sikap nasionalis di berbagai ranah juga membawa xii perubahan positif namun masih dalam kategori cukup. Ranah nilai yang paling memunculkan perubahan positif dalam sikap nasionalis adalah pada nilai disiplin. Sedangkan pada ranah nilai semangat kebangsaan dan tanah air dirasa masih memerlukan usaha yang lebih keras dari berbagai pihak untuk terus membuka wawasan dan menginternalisasi tentang kedua nilai tersebut kepada siswa yang diharapkan nantinya benar-benar terpatri dalam diri siswa.dan memunculkan berbagai sikap-sikap positif lainnya. Kata Kunci: Sikap Religius, Sikap Nasionalis, Penguatan Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. M. Wasith Achadi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Sikap Religius, Sikap Nasionalis, Penguatan Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 13:44
Last Modified: 03 Jul 2020 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38007

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum