PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2018/2019

UMI ATIQOH, 15410204 (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15410204_BAB-I_atau_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN RESITASI DALAM MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PAI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2018/2019)
15410204_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa dalam proses pembelajaran terkadang masih ada peserta didik yang kurang menyukai materi PAI ataupun penyampaian guru dalam menjelaskan yang mungkin kurang difahami, namun guru PAI memiliki inisiatif dalam menyampaikan pembelajaran dengan metode resitasi yang dimana metode tersebut memiliki tujuan untuk mengaktifkan proses pembelajaran dan membiasakan peserta didik untuk belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode resitasi PAI pada kelas VII dan bagaiaman kontribusi penerapan metode tersebut dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pengambilan lokasi penelitian pada SMP Negeri 1 Godean Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari pengampu mapel PAI dan seluruh peserta didik kelas VII. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi dengan dua cara, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran resitasi PAI pada kelas VII SMP Negeri 1 Godean meliputi fase pemberian tugas, fase pelaksanaan tugas dan fase mempertanggung jawabkan. Dalam kegiatan awal guru memulai kegiatan pembelajaran dengan salam dan doa dilanjut dengan mengabsen kehadiran dan mereviw materi sebelumnya dilanjut dengan menyampaikan sekilas materi yang akan dipelajari. Untuk kegiatan Inti dalam metode pembelajaran resitasi meliputi fase pemberian tugas dalam hal ini guru memberikan penjelasan tugas kepada peserta didik. Fase pelaksanaan tugas guru mengontrol keadaan kelas agar tetap kondusif dalam proses pelaksanaan tugas tersebut. Dan fase xii mempertanggung jawabkan tugas dalam hal ini seluruh peserta didik dapat menyampaikan dan mempertaanggung jawabkan hasil dari tugas yang telah dikerjakan dan dilanjut dengan evaluasi. 2) Dari adanya penerapan metode pembelajaran Resitasi dalam menumbuhkan kemandirian belajar tentunya bisa memberikan kontribusi yang bagus terhadap peserta didik dalam aspek faktor internal kemandirian yaitu kedisiplinan, motivasi, tanggung jawab, percaya diri dan inisiatif dalam belajar. Kata kunci : Penerapan, Metode Resitasi, Kemandirian Belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rafik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Resitasi, Kemandirian Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 13:45
Last Modified: 03 Jul 2020 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38009

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum