PENGARUH TRADISI UPACARA SAPARAN BEKAKAK TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT AMBARKETAWANG, GAMPING, SLEMAN

Imam Satriyo Nugroho, NIM. 15540025 (2019) PENGARUH TRADISI UPACARA SAPARAN BEKAKAK TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT AMBARKETAWANG, GAMPING, SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TRADISI UPACARA SAPARAN BEKAKAK TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT AMBARKETAWANG, GAMPING, SLEMAN)
11120090_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TRADISI UPACARA SAPARAN BEKAKAK TERHADAP SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT AMBARKETAWANG, GAMPING, SLEMAN)
11120090_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Tradisi Upacara Saparan Bekakak terhadap Solidaritas Sosial Masyarakat Desa Ambarketawang, Gamping, Sleman dengan rumusan masalahnya yaitu bagaimana pengaruh tradisi upacara Saparan Bekakak terhadap solidatitas masyarakat di Desa Ambarketawang, serta apa sajakah faktor yang mempengaruhi solidaritas sosial masyarakatnya dalam tradisi upacara Saparan Bekakak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif yakni penelitian yang menggambarkan kenyataan-kenyataan sosial dalam masyarakat setempat. Teknik pengumpulan data dan informasi dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara,observasi dan juga dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada orang-orang yang dijadikan responden, yaitu dua orang masyarakat setempat, dua orang tokoh masyarakat, satu orang pegawai pemerintahan Desa Ambarketawang. Dari hasil penelitian tradisi upacara Saparan Bekakak memiliki pengaruh terhadap solidaritas masyarakat Desa Ambarketawang. Karena dengan adanya tradisi tersebut, masyarakat memiliki wadah untuk bekerjasama dan membangun solidaritas sesama warga Desa Ambarketawang. Serta diketahui bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi solidaritas sosial masyarakat Desa Ambarketawang dalam melakukan tradisi upacara Saparan Bekakak. Faktor tersebut yaitu 1. Faktor pemaknaan masyarakat terhadap tradisi upacara Saparan Bekakak. 2. Adanya pengalaman sejarah yang sama masyarakat terhadap tradisi upacara Saparan Bekakak. 3. Adanya sikap terbuka dari masyarakat Desa Ambarketawang terhadap masyarakat luar yang ingin ikut andil dalam upacara Saparan Bekakak. 4. Terdapatnya komunitas masyarakat desa dalam upacara Saparan Bekakak. 5. Masih diterapkannya prinsip budayanis dan kebersamaan (rame ing gawe). Maka dari itu dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tradisi upacara Saparan Bekakak di Desa Ambarketawang, Gamping, Sleman memiliki pengaruh yang besar terhadap solidaritas sosial masyarakatnya, dan juga terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat solidaritas sosial dari adanya tradisi ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Masroer, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Tradisi Upacara Saparan Bekakak
Subjects: Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Feb 2020 13:52
Last Modified: 05 Feb 2020 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum