PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITABAH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I

INNA MUNAWAROH - NIM. 05420017, (2010) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITABAH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITABAH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITABAH SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI YOGYAKARTA I)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran Kitabah di kelas VII MTs N Yogyakarta I. 2) Untuk mengetahui problem yang dihadapi siswa kelas VII dalam pembelajaran kitabah yang meliputi problem linguistik dan non linguistik. 3) Untuk mengetahui usaha dalam mengatasi problematika pembelajaran kitabah siswa kelas VII MTs N YogyakartaI. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII A dan B MTs N Yogyakarta I yang berjumlah 71 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif namun demikian metode kuantitatif digunakan untuk menghitung data angket dan test yang selanjutnya diolah menjadi data kualitatif untuk mendiskripsikan data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII A dan B MTs N Yogyakarta I menghadapi problem dalam pembelajaran kitabah. Adapun problem linguistik penyebabnya adalah 1) kurang mengenali bentuk atau tulisan Arab. 2) kesulitan dalam merangkai atau menyambung huruf Arab. 3) siswa kesulitan di imla' atau menulis Arab dengan dikte. Problem non linguistik adalah: 1) siswa antara lain: latar belakang pendidikan siswa yang heterogen, kurangnya motivasi siswa, kurangnya minat siswa dalam belajar Kitabah dan kurang senangnya siswa dalam belajar kitabah. 2) guru antara lain: kurangnya hubungan timbal balik antara guru dan siswa, kurang mampu mengembangkan teknik, pengelolaan kelas yang kurang kondusif, guru kurang mampu menggunakan bahasa Arab waktu mengajar serta guru kurang jelas dalam menyampaikan materi pelajaran.3) tidak adanya fasilitas pendukung seperti OHP dan laboratorium bahasa. 4) kurangnya perhatian dari orang tua siswa dalam kegiatan belajar siswa di rumah. Adapun solusinya dari pihak guru adalah 1) Guru menumbuhkan motivasi siswa dengan cara guru selalu menjelaskan bahwa belajar bahasa Arab atau kitabah itu penting bagi mereka. 2) Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi pelajaran yang sudah selesai diajarkan. 3) Untuk meningkatkan kemampuan kitabah siswa, guru memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa. 4) Mendorong siswa agar tidak menganggap belajar bahasa Arab atau kitabah sebagai beban. 5) Guru memberi penjelasan secara mendalamm kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar bahasa Arab atau kitabah. Sedangkan dari pihak madrasah adalah 1) Menyediakan fasilitas yang cukup untuk mencapai keberhasilan serta menunjang dan memudahkan siswa serta guru dalam proses pembelajaran dengan cara pembuatan laboratorium bahasa, agar siswa lebih semangat dalam belajar bahasa Arab. 2) Menganjurkan kepada guru Bahasa Arab untuk menggunakan metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab atau kitabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ahmad Janan Asifudin, M.A,
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Kitabah, siswa kelas VII MTs N YogyakartaI.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 08 Sep 2012 18:46
Last Modified: 04 Apr 2017 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3802

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum