ANALISIS KENYAMANAN PUSTAKAWAN DAN PEMUSTAKA PADA FASILITAS DAN RUANG PERPUSTAKAAN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI DI PERPUSTAKAAN ULIL ALBAB MAN 3 BANTUL

Nur Istiana, NIM. 15140018 (2019) ANALISIS KENYAMANAN PUSTAKAWAN DAN PEMUSTAKA PADA FASILITAS DAN RUANG PERPUSTAKAAN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI DI PERPUSTAKAAN ULIL ALBAB MAN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KENYAMANAN PUSTAKAWAN DAN PEMUSTAKA PADA FASILITAS DAN RUANG PERPUSTAKAAN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI DI PERPUSTAKAAN ULIL ALBAB MAN 3 BANTUL)
15140018_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KENYAMANAN PUSTAKAWAN DAN PEMUSTAKA PADA FASILITAS DAN RUANG PERPUSTAKAAN DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI DI PERPUSTAKAAN ULIL ALBAB MAN 3 BANTUL)
15140018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pada kenyamanan pustakawan dan pemustaka dengan pendekatan ergonomi di Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian pustakawan dan pemustaka. Adapun obyek penelitian adalah kenyamanan pustakawan dan pemustaka pada fasilitas dan ruang perpustakaan dengan pendekatan ergonomi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan penelitian ini menggunakan uji kredibilitas data dengan cara peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan member check. Faktor yang mempengaruhi pada kenyamanan pustakawan dan pemustaka dengan pendekatan ergonomi diantaranya faktor lingkungan kerja perpustakaan yang diimbangi dengan adanya fasilitas dan ruang yang ada di perpustakaan. Fasilitas dan ruang di Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul secara umum sudah ergonomis, hal ini dibuktikan dari data wawancara dan pengukuran yang dilakukan oleh peneliti dibantu dengan alat pengukur. Hasil menunjukkan bahwa letak perpustakaan strategis tetapi luas perpustakaan belum standar dengan jumlah siswa, pencahayaan perpustakaan sudah standar dengan kebutuhan ruangan dibuktikan dengan ukuran sebesar 108 lux pada siang hari, temperatur ruang dan kelembaban ruang perpustakaan berkisar antara 32º C – 33º C, sirkulasi udara nyaman karena terpasang AC, kebisingan dan getaran tidak membuat pustakawan maupun pemustaka terganggu kecuali terdapat hal-hal tertentu, tidak ada bau-bau tidak sedap, tata warna baik warna cat tembok maupun perabot-perabotnya memberi kesan yang baik, dekorasi membuat pustakawan dan pemustaka nyaman, musik di Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul keberadaannya belum dimanfaatkan secara keseluruhan, dan dari segi keamanan Perpustakaan Ulil Albab MAN 3 Bantul terjaga. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa lingkungan kerja pustakawan dan aktivitas pemustaka di Perpustakaan sebagian besar sudah baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Anis Masruri, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Faktor Kenyamanan, Ergonomi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jul 2020 10:03
Last Modified: 08 Jul 2020 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum