STUDI ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM MOBILE LEARNING DI SMAN 1 YOGYAKARTA

RIZQI NAFI’AH, NIM: 15490040 (2019) STUDI ANALISIS MANAJEMEN PROGRAM MOBILE LEARNING DI SMAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
15490040_BAB 1_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text
15490040_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penggunaan pembelajaran dengan m-learning tidak bisa diterima begitu saja oleh semua guru sehingga perlu dimodifikasi agar tidak menimbulkan permasalahan bagi orang-orang yang tidak setuju dengan model pembelajaran ini. Sehingga, pembelajaran dengan m-learning perlu dikelola dengan baik agar dapat digunakan secara efektif dan efisien. SMAN 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran dengan m-learning. Di sekolah tersebut m-learning digunakan untuk mengirim materi pembelajaran, membuat soal, dan mengerjakan soal ujian maupun ulangan harian. Selain itu, SMAN 1 Yogyakarta sudah didukung dengan fasilitas WI-FI yang cukup sehingga memudahkan penggunaan m-learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, 2 guru, 1 pemegang IT dan 3 siswa. Pengambilan sampel didasarkan pada kriteria 3M mengetahui, memahami dan mengalami dengan mengunakan tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Manajemen pembelajaran dengan m-learningdi SMAN 1 Yogyakarta sudah mampu menunjang proses pembelajaran di sekolah.Selain itu, sarana dan prasarana di SMAN 1 Yogyakarta sudah mencukupi sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Manajemen program pembelajaran m-learning di SMAN 1 Yogyakarta sesuai dengan teori GR. Terry, yaitu Planning (perencanaan), mencakup merumuskan visi dan misi, merancang kualitas pembelajaran, serta menyiapkan sarana dan prasarana. Organizing (pengorganisasian), bentuk pengorganisasian yang dilakukan oleh SMAN 1 Yogyakarta untuk mendukung proses pembelajaran m-learning ialah dengan mengadakan pelatihan kepada guru mengenai e-modul dan perangkat soal. Actuating (penggerakan), penggerakan dilakukan dengan cara memberikan pengarahan dan motivasi kepada siswa untuk memakai program pembelajaran m-learning. Hal inidilakukan dengan cara memberikan tugas melalui m-learning pada moment-moment tertentu. Controlling (Evaluasi), proses ini dilakukan dengan mengadakan penilaian sekaligus evaluasi dari program yang telah berjalan.. Sedangkan, konsep pembelajaran dengan m-learningsebagai suplemen pendukung dan variasidalam pembelajaran. Kata kunci: manajemen, mobile learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, MA
Uncontrolled Keywords: manajemen, mobile learning
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Feb 2020 14:08
Last Modified: 10 Feb 2020 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38045

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum