KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANAK TUNAGRAHITA (Studi Deskriptif Kualitatif antara Pengasuh dan Anak Asuh di Panti Asuhan Bina Siwi, Pajangan, Bantul)

IKA SULISTYOWATI, NIM. 12730092 (2019) KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANAK TUNAGRAHITA (Studi Deskriptif Kualitatif antara Pengasuh dan Anak Asuh di Panti Asuhan Bina Siwi, Pajangan, Bantul). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANAK TUNAGRAHITA (Studi Deskriptif Kualitatif antara Pengasuh dan Anak Asuh di Panti Asuhan Bina Siwi, Pajangan, Bantul))
12730092_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ANAK TUNAGRAHITA (Studi Deskriptif Kualitatif antara Pengasuh dan Anak Asuh di Panti Asuhan Bina Siwi, Pajangan, Bantul))
12730092_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Hambatan dalam komunikasi kerapkali terjadi dalam interaksi antar manusia, tak terkecuali dalam interaksi para penyandang keterbelakangan mental (tuna grahita) seperti yang terjadi di Panti Asuhan Bina Siwi. Kondisi para tuna grahita yang lemah secara pemikiran dan memiliki IQ di bawah rata-rata membuat hambatan komunikasi di antara mereka menjadi lebih besar, khususnya dalam komunikasi verbal dan nonverbal. Kondisi ini turut mempengaruhi hubungan antara pengasuh tuna grahita dan anak asuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses komunikasi interpersonal yang terjadi antara pengasuh dan anak asuh di Panti Asuhan Bina Siwi. Menggunakan teori komunikasi interpersonal, peneliti melakukan analisis mengenai bentuk-bentuk komunikasi verbal dan non-verbal serta realisasi diri dalam pola komunikasi yang terjadi di antara pengasuh dan anak asuh di PAnti Asuhan Bina Siwi. Penelitian kualitatif ini dilakukan secara wawancara mendalam dan observasi terhadap subjek penelitian. Dari penelitian lapangan ditemukan bahwa komunikasi interpersonal yang terjadi di antara pengasuh dan anak asuh tidak hanya menggunakan komunikasi verbal namun juga komunikasi non verbal. Di samping itu, realisasi diri yang terjadi pada para tuna grahita membantu mereka menemukan rasa penerimaan dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj Marfuah Sri Sanityastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: komunikasi interpersonal, komunikasi verbal dan non verbal, realisasi diri, tuna grahita, Panti Asuhan Bina Siwi
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 06 Feb 2020 15:02
Last Modified: 06 Feb 2020 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38059

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum