BIMBINGAN ROHANI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUALITAS WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA

MAR’UL KHOIRIYAH, NIM. 15220079 (2019) BIMBINGAN ROHANI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUALITAS WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN ROHANI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUALITAS WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA)
15220079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN ROHANI ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SPIRITUALITAS WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN PEREMPUAN KELAS IIB YOGYAKARTA)
15220079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MAR’UL KHOIRIYAH (15220079), Bimbingan Rohani Islam untuk Meningkatkan Spiritualitas Warga Binaan Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan atau Lapas Perempuan merupakan narapidana yang pernah melakukan tindakan kriminal di dalam masyarakat seperti melakukan korupsi, mengonsumsi narkoba, melakukan pembunuhan, dll. Tindakan-tindakan tersebut tidak hanya menyimpang menurut aturan hukum yang berlaku dalam masyarakat. Akan tetapi, juga merupakan tindakan yang dilarang dalam agama. Lembaga pemasyarakatan membuat beberapa program pembinaan kepribadian seperti bimbingan rohani Islam, bimbingan rohani Kristen, Perpustakaan dan Bimbingan Pribadi sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas warga binaan pemasyarakatan agar menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan spiritualitas warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan subjek penelitian yaitu 1 pembimbing dan 4 orang warga binaan pemasyarakatan. Serta objek penelitian adalah pelaksanaan bimbingan rohani Islam dalam meningkatkan spiritualitas warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta. Metode yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan rohani Islam untuk meningkatkan spiritualitas warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas IIB Yogyakarta menggunakan langsung meliputi pelaksanaan kegiatan sholat dan zikir secara individual dengan pembimbing rohani Islam dan pelaksanaan kegiatan doa secara kelompok untuk meningkatkan spiritualitas kepada Allah SWT. Kata kunci: Bimbingan Rohani Islam, Spiritualitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Rohani Islam, Spiritualitas
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 10:18
Last Modified: 23 Jun 2023 16:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38080

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum