EFEKTIVITAS PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL DAN MEDIS BAGI PENYANDANG DISABILITAS FISIK (DAKSA) DI BALAI RTPD YOGYAKARTA

Silvia Erlina Widyaningrum, NIM 15250086 (2019) EFEKTIVITAS PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL DAN MEDIS BAGI PENYANDANG DISABILITAS FISIK (DAKSA) DI BALAI RTPD YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL DAN MEDIS BAGI PENYANDANG DISABILITAS FISIK (DAKSA) DI BALAI RTPD YOGYAKARTA)
15250086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL DAN MEDIS BAGI PENYANDANG DISABILITAS FISIK (DAKSA) DI BALAI RTPD YOGYAKARTA)
15250086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penyandang disabilitas daksa merupakan salah satu penyandang masalah kesejahteraan sosial. Sudah selayaknya mereka mendapatkan hak yang sama dalam masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlunya suatu rehabilitasi sosial sebagai upaya memperbaiki keberfungsian sosial dalam masyarakat serta rehabilitasi medis untuk memaksimalkan fungsi anggota tubuh (fisik) yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas pelayanan rehabilitasi sosial dan medis bagi penyandang disabilitas fisik (daksa) di Balai RTPD Yogyakarta. Selain itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelayanan kedua rehabilitasi tersebut. Peneliti menggunakan metode pendekatan deskriptif-kualitatif sehingga hasil penelitian yang menyajikan data yang akurat dan digambarkan secara jelas seperti kondisi sebenarnya. Subyek penelitian ini adalah kepala seksi bina daksa dan rungu wicara, tim medis, pekerja sosial, pendamping, dan warga binaan sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi resmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan rehabilitasi sosial dan medis yang diberikan kepada warga binaan adalah dapat dikatakan efektif karena telah mencapai tujuan, keberhasilan sasaran, keberhasilan program, dan kepuasan warga binaan terhadap pelayanan kedua rehabilitasi. Dari keempat hal tersebut dapat dilihat dari kepercayaan diri dan kemandirian warga binaan. Faktor pendukung terlaksananya pelayanan rehabilitasi sosial dan medis antara lain dukungan keluarga, fasilitas yang memadai, dan sumber daya yang kompeten. Semua profesi yang ada juga merupakan profesi yang dibutuhkan oleh warga binaan. Sedangkan untuk faktor penghambatnya dapat dilihat dari kesadaran diri warga binaan dalam mengikuti rehabilitasi dan keluarga yang tidak mau memberikan dukungan kepada warga binaan. Kata kunci: efektivitas, pelayanan rehabilitasi sosial dan medis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Zainudin, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: efektivitas, pelayanan rehabilitasi sosial dan medis
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:20
Last Modified: 13 Jul 2020 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38113

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum