PENGARUH PERSEPSI SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DENGAN SISWA DISABILITAS DI KELAS XI DAN XII PROGRAM IPS DAN IIK MAN 2 SLEMAN

Alfira Maryana Andarita, NIM. 15250097 (2019) PENGARUH PERSEPSI SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DENGAN SISWA DISABILITAS DI KELAS XI DAN XII PROGRAM IPS DAN IIK MAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DENGAN SISWA DISABILITAS DI KELAS XI DAN XII PROGRAM IPS DAN IIK MAN 2 SLEMAN)
15250097_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP INTERAKSI SOSIAL DENGAN SISWA DISABILITAS DI KELAS XI DAN XII PROGRAM IPS DAN IIK MAN 2 SLEMAN)
15250097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Alfira Maryana Andarita, 15250097, Pengaruh Persepsi Siswa Reguler terhadap Interaksi Sosial dengan Siswa Disabilitas di Kelas XI dan XII Program IPS dan IIK MAN 2 Sleman. Skripsi : Ilmu Kesejahteraan Sosial. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti selama 2 hari pada Maret 2019, siswa disabilitas di kelas X dan kelas XI terlihat kurang berinteraksi dengan siswa reguler ketika jam istirahat maupun saat pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh persepsi siswa reguler tentang siswa disabilitas terhadap interaksi sosial mereka di Kelas XI dan XII Program IPS dan IIK MAN 2 Sleman. Teori yang digunakan yaitu yang dikemukakan oleh Mayer, Rapp, dan Williams tentang alasan mengapa kita menyusun skema tentang individu lain adalah untuk membantu kita mengumpulkan informasi tentang individu itu dan untuk memadu interaksi sosial kita dengan individu tersebut. Selain itu, teori yang berkaitan juga teori Baron dan Byrne yang menyatakan bahwa pengetahuan akurat tentang orang lain akan sangat berguna untuk mengatur hubungan saling-interaksi diantara mereka, baik di masa kini maupun di masa mendatang. Metode penelitian yaitu metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian menggunakan kuesioner dan analisis hipotesisnya menggunakan analisis regresi linear sederhana serta menyertakan sumbangan efektif per indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi sosial siswa reguler terhadap interaksi sosial dengan siswa disabilitas. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 serta nilai t hitung ≥ t tabel. t hitung dalam penelitian ini ialah 5,089 lebih besar dari t tabel yaitu 1,975799. Sumbangan efektif terbesar persepsi sosial terhadap interaksi sosial yaitu terletak pada proses atribusi. Kata Kunci : Persepsi Sosial, Siswa Reguler, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Abidah Muflihati, S.Th.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Persepsi Sosial, Siswa Reguler, Interaksi Sosial
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:20
Last Modified: 13 Jul 2020 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum