IMPLEMENTASI TARI BAKSA KEMBANG DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI 49 BANTUL

Dhea Eka Lutvitasari, NIM. 15430014 (2019) IMPLEMENTASI TARI BAKSA KEMBANG DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI 49 BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI TARI BAKSA KEMBANG DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI 49 BANTUL)
15430014_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI TARI BAKSA KEMBANG DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI 49 BANTUL)
15430014_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Fokus penelitian skirpsi ini adalah : (1) Implementasi tari baksa kembang dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok B2 di TK Pertiwi 49 Bantul. (2) Hasil pelaksanaan kegiatan tari baksa kembang dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok B2 di TK Pertiwi 49 Bantul. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan motorik kasar anak melalui tari baksa kembang pada kelompok B2 di TK Pertiwi 49 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi kegiatan tari baksa kembang itu sendiri dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu menyiapkan media pembelajaran atau bahan belajar yang akan disampaikan atau dilatih di TK Pertiwi 49 Bantul. mengatur pembagian barisan anak sesuai dengan jumlah anak (barisan depan, tegah, dan belakang). memberikan materi atau contoh gerak untuk menari baksa kembang demontrasi meniru gerakan tari baksa kembang( berjalan ditempat , mengayun dan berjingkat), melaksanakan evaluasi Kegiatan tari baksa kembang memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran anak dan anak diberikan kesempatan maupun kebebasan untuk berekpresi sehingga anak dapat menuangkan ide gagasan. Guru memegang peran dan peran guru memberikan stimulus, bimbingan, arahan, serta motivasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam mengaplikasikan pengembangan motorik kasar untuk waktu jangka panjang secara terarah. (2) Hasil pelaksanaan kegiatan tari baksa kembang dalam mengembangkan motorik kasar anak pada kelompok B2 di TK Pertiwi 49 Bantul ada peningkatan dalam pengembangan motorik kasar yang signifikan hal tersebut dapat dibuktikan dengan perbedaan anak yang pengembangan motorik kasarnya berkembang sangat baik terdapat 13 anak sedangkan terdapat 5 anak yang pengembangan motorik kasarnya berkembang sesuai harapan. (3) Faktor pendukung meliputi : sarana dan prasarana, antusis peserta didik terhadap tari baksa kembang sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi anak, tingkat konsentrasi anak yang hanya bertahan sebentar, terkadang guru juga tidak datang .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Zubaedah S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: tari baksa kembang, Motorik kasar, TK Pertiwi 49
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Feb 2020 11:10
Last Modified: 10 Feb 2020 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum