MOTIF PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MENGAKSES MEDIA TRIBUNJOGJA.COM PADA SISWA SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO JURUSAN MULTIMEDIA

Aris Rachmat Nugroho, NIM. 13210068 (2019) MOTIF PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MENGAKSES MEDIA TRIBUNJOGJA.COM PADA SISWA SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO JURUSAN MULTIMEDIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MOTIF PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MENGAKSES MEDIA TRIBUNJOGJA.COM PADA SISWA SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO JURUSAN MULTIMEDIA)
13210068_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MOTIF PENGGUNAAN DAN KEPUASAN MENGAKSES MEDIA TRIBUNJOGJA.COM PADA SISWA SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO JURUSAN MULTIMEDIA)
13210068_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Aris Rachmat Nugroho, 13210068. Motif Penggunaan dan Kepuasan Mengakses Media Tribunjogja.com Pada Siswa SMK Pembaharuan Purworejo Jurusan Multimedia. Kebutuhan informasi yang cepat merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting. Karena pada dasarnya, setiap manusia membutuhkan informasi. Di zaman sekarang, manusia sangat mudah mendapatkan informasi melalui apa saja salah satunya melalui media massa. Kemunculan internet, membuat para pemilik media berlomba-lomba untuk menyediakan informasi yang beragam, karena khalayak memilih media sesuai dengan kebutuhan dan motif masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat kepuasan siswa SMK Pembaharuan purworejo jurusan multimedia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification Herbert Blumer dan Elihu Katz yang berpendapat bahwa khalayak sangat aktif untuk memilih media yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Teori ini dikembangkan kembali oleh Philp Palmgreen yang membagi kepuasan menjadi dua yaitu kepuasan yang dicari (Gratification Sought) dan kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtain). Pendekatan kuantitatif adalah pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, sedangkan metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Tipe desain pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Kuesioner yang disebarkan terkumpul 62 responden, proses pengukuran dengan model Skala Likert. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus chi kuadrat atau chi square. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti terdapat hubungan antara motif penggunaan dengan tingkat kepuasan pada siswa SMK Pembaharuan jurusan Multimedia dalam mengakses media Tribunjogja.com. Hal ini dinyatakan dengan adanya 10 indikator yang mempunyai nilai lebih kecil dari pada 0,05 yang berarti indikator tersebut mempunyai hubungan motif dengan kepuasan. Kata Kunci: Motif, Kepuasan, Uses and Gratifiation, Tribunjogja.com

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mokh. Sahlan, M. Si
Uncontrolled Keywords: Motif, Kepuasan, Uses and Gratifiation, Tribunjogja.com
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:22
Last Modified: 13 Jul 2020 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum