HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES MEDIA SOSIAL DENGAN PERSEPSI TENTANG PUISI “DOA YANG DITUKAR”PADA ANGGOTA KELUARGA MAHASISWA NAHDLATUL ULAMA (KMNU) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Achmad Zaky Faiz, NIM 15210017 (2019) HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES MEDIA SOSIAL DENGAN PERSEPSI TENTANG PUISI “DOA YANG DITUKAR”PADA ANGGOTA KELUARGA MAHASISWA NAHDLATUL ULAMA (KMNU) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES MEDIA SOSIAL DENGAN PERSEPSI TENTANG PUISI “DOA YANG DITUKAR”PADA ANGGOTA KELUARGA MAHASISWA NAHDLATUL ULAMA (KMNU) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15210017_BAB I_BAB V, DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_CV.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN INTENSITAS MENGAKSES MEDIA SOSIAL DENGAN PERSEPSI TENTANG PUISI “DOA YANG DITUKAR”PADA ANGGOTA KELUARGA MAHASISWA NAHDLATUL ULAMA (KMNU) UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
15210017_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pemanfaatan media sosial saat ini telah mengalami perkembangan yang signifikan yaitu begitu mudahnya masyarakat mendapatkan informasi melalui media sosial.Informasi yang didapatkandari media sosialdapat juga memunculkan persepsi dikalangan masyarakat. Informasi tersebut terkait isu-isu penting yang banyak menjadi perbincangan. Seperti halnya informasi tentang puisi “Doa Yang Ditukar” yang terjadi pada tanggal 4 Februari 2019. Puisi “Doa Yang DItukar” yang ditulis Fadli Zon yang dianggap telah menyinggung KH. Maimun Zubair disaat salah membaca doa. Hal tersebut menimbulkan Pro dan kontra di masyarakat, ada yang menganggap puisi tersebut minyinggung KH.Maimun Zubair dan ada pula puisi tersebut hanya gorengan dari lawan politik Fadli Zon, karena mengingat pada tahun 2019 merupakan tahun politik dalam masa-masa kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden. Berdasarkan konteks diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Hubungan Intensitas Mengakses Media Sosial dengan Persepsi Tentang Puisi “Doa Yang Ditukar” pada Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) UIN Sunan KalijagaYogyakarta. Adapun teori yang digunakan dalam penelitianini adalahteori SOR(Stimulus-Organism-Response). Uji validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan SPSS versi 15. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan metode survei dimana teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 973orang dimana teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus Slovin, sehingga mendapat sampel berjumlah 115 responden.. Analisis data menggunakan analisis parametric dengan rumus Person Product Moment dengan perhitungan menggunakan bantuan SPSS versi 15.Sedangkan pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan skala Likert Berdasarkan hasil penghitungan korelasi antara variabel X dan variabel Y menggunakan Pearson’s Correlation (Product Moment) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.339 dengan taraf signifikasi 0.000 (< 0.05) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat korelasi (hubungan) rendah antara variabel X dengan variabel Y artinya terdapat variabel lain yang juga mempengaruhi pembentukan persepsi anggota.. Penelitian ini menggunakan dk=113 (N-2 atau 115-2) dan tingkat probabilitas atau taraf signifikansi sebesar 0,05 (5%) maka rtabel sebesar 0,1541 dan dari perhitungan diperoleh rhitung sebesar 0,338. Dengan demikian karena rhitung>rtabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Mengakses Media Sosial, Informasi Puisi Doa Yang Ditukar, Persepsi Anggota, Teori SOR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. M. Kholili, M.Si
Uncontrolled Keywords: Mengakses Media Sosial, Informasi Puisi Doa Yang Ditukar, Persepsi Anggota, Teori SOR
Subjects: Sosial, Relasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Jul 2020 13:24
Last Modified: 13 Jul 2020 13:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38140

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum